Di era yang marak dengan berita palsu (hoax) seperti sekarang ini, tak mengherankan jika dalam beberapa waktu belakangan, kian banyak saja hoax-hoax terkait virus Corona yang beredar di berbgaai media sosial.

Terutama di situs pencarian Google dan situs media sosial tebesar, Facebook. Tentunya, hal ini akan membuat warganet menjadi bingung dan “sesat” sendiri apabila sampai terkena informasi yang salah tersebut.

Nah karena hal itu, terhitung semenjak tulisan ini diunggah, baik FB maupun Google akan mulai men-inspeksi seluruh info-info Corona yang salah tersebut dan akan langsung mem-flag / mencabutnya dari peredaran.

Lalu bagaimana keduanya akan melakukan hal tersebut? Jadi seperti yang dilansir dari Engadget, Google telah membuat sistem peringatannya sendiri atau yang disebut juga dengan SOS Alert. Dan berikut adalah tampilan pencarian mengenai virus Corona yang telah di-filterisasi oleh SOS Alert tersebut.

Ya seperti yang Chillers lihat sendiri, pencarian Google-nya hanya akan menampilkan info menganai virus Corona dari situs-situs super terpercaya. Sehingga akan memberikan rasa kenyamanan sekaligus kepastian yang hakiki terkait virus yang membahayakan ini.

Sedangkan cara yang dilakukan oleh FB adalah dengan menggunakan aplikasi fact checkers-nya yang mana aplikasinya nanti akan melakukan review terhadap konten-konten yang terkait dengan virus yang dianggap paling membahayakan dan darurat oleh organisasi kesehatan PBB aka WHO ini.

Apabila fact checkers-nya nanti memberikan kontennya rating false, maka konten tersebut akan langsung dibatasi penyebarannya (share) dan akan langsung memberikan notifikasi ke yang akan atau telah menyebarkan hoax tersebut.

Selain itu FB juga akan langsung menghilangkan konten / info terkait virus Corona yang telah jelas-jelas dianggap sebagai info yang salah oleh WHO. Bahkan artikel mengenai “teori konspirasi” pun akan langsung dihilangkan oleh mereka.

Oh ya, tagar-tagar (hashtags) yang berkaitan dengan info virus corona yang menyebar di berbagai halaman Instagram, juga akan mendapatkan perlakuan yang serupa.

Dan sekali lagi, langkah yang diambil oleh seluruh media sosial / internet ini sangatlah perlu diacungi jempol. Sekarang, bagaimana nih pendapat Chillers dengan kabar ini?

Facebook Comments