(foto: Pixabay)

Masih terkait soal kebijakan pemerintah soal wabah Corona, kini aturan social distancing makin digalakkan setiap hari di berbagai kota besar di Indonesia. Terlebih lagi aturan bagi pelajar yang diharuskan belajar dari rumah selama 14 hari ke depan. Beberapa operator mulai memberikan sejumlah kemudahan berupa kuota gratis yang bisa dimanfaatkan bagi para pelajar untuk belajar secara online. Seperti dikutip dari KompasTekno, operator seluler Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata memberikan kuota gratis namun kuota tersebut tidak bisa digunakan untuk media sosial, melainkan hanya untuk mengakses aplikasi belajar online.

Kuota gratis ini dibagikan sebagai tanggapan atas kebijakan pemerintah yang meniadakan kegiatan belajar mengajar di sekolah.  Alhasil, para siswa diharuskan untuk belajar dari rumah secara online, untuk mengurangi risiko penyebaran virus tersebut. Kuota internet gratis yang dibagikan operator seluler bisa dipakai untuk mengakses beragam platform pembelajaran online (e-learning).

Adapun kuota internet gratis yang dibagikan kepada pengguna cukup bervariasi, mulai dari 2 GB hingga 30 GB. Berikut ini adalah paket data gratis yang dibagikan operator seluler secara cuma-cuma untuk belajar secara online.

1. Telkomsel

Telkomsel menghadirkan paket internet “Ilmupedia” sebesar 30 GB yang bisa didapatkan secara cuma-cuma. Paket tersebut bisa dipakai untuk mengakses sejumlah platform e-learning populer, mencakup, Zenius, Quipper, Cakap, Bahaso, hingga Sekolah.mu. Kuota gratis ini juga bisa dinikmati untuk mengakses situs e-learning beberapa kampus ternama, mulai dari Universitas Indonesia hingga Universitas Padjajaran. Daftar lengkapnya bisa dilihat di sini.

Ada pula paket internet “Ruangguru” sebesar 30 GB yang bisa didapatkan secara gratis untuk mengakses platform Ruangguru. Paket Ilmupedia dan paket Ruangguru senilai Rp 0 ini berlaku bagi pengguna simPATI, Kartu AS, Loop, dan Kartu Halo dan bakal aktif selama 30 hari sejak diaktivasi.

Paket Ilmupedia bisa dibeli melalui aplikasi MyTelkomsel. Paket tersebut bisa ditemukan dengan mengklik menu “beli paket”, kemudian pilih “internet”, lalu pilih “bebas akses”. Atau, pelanggan Telkomsel bisa langsung mendapatkan paket internet gratis Ilmupedia melalui tautan berikut. Sementara paket Ruangguru bisa didapatkan di tautan berikut.

2. Indosat Ooredoo

Sama seperti Telkomsel, Indosat Ooredoo juga menawarkan benefit kuota internet 30 GB gratis bagi para pelanggannya yang ingin mengakses beragam aplikasi e-learning.  Adapun platform yang bekerja sama mencakup Ruangguru, Quipper, Sekolahmu.com, dan Rumah Belajar. Kuota gratis tersebut, yang hanya berlaku bagi pengguna IM3 Ooredoo, juga bisa dipakai untuk mengakses seluruh konten pembelajaran yang tersedia di 60 platform e-learning dan portal resmi dari sejumlah universitas di Indonesia.

Daftar lengkap kampus yang bekerja sama, serta cara mendapatkan kuota 30 GB dari Indosat ini, bisa dilihat melalui tautan berikut. Nah, bagi pengguna yang tertarik untuk mendapatkan kuota gratis ini, bisa langsung melakukan aktivasi melalui aplikasi myIM3 atau menghubungi nomor *123*369# dari ponsel.

Perlu dicatat, kuota ekstra ini hanya bisa didapatkan masing-masing satu kali oleh setiap pelanggan IM3 Ooredoo dan bisa dipakai selama 30 hari sejak diaktifkan.

3. XL Axiata

Berbeda dengan Telkomsel dan Indosat, XL Axiata memberikan kuota tambahan gratis setiap hari. Kuota sebesar 2 GB tersebut akan diberikan setiap hari sampai 31 Maret mendatang dan akan hangus jika tidak terpakai.  Kuota ekstra ini, dapat digunakan untuk mengakses sejumlah aplikasi belajar online, seperti RuangGuru, Udemy dan Zenius.

Selain itu, kuota gratis tersebut juga bisa dipakai untuk mengakses platform pembelajaran dari beberapa universitas di Indonesia yang daftar lengkapnya bisa dilihat di sini. Tak cuma terbatas untuk aplikasi pembelajaran saja, selama 14 hari ke depan, pelanggan XL juga dapat mengakses aplikasi layanan Microsoft Office 365 untuk melakukan kegiatan kerja secara online. Terlebih, XL juga membebaskan biaya kuota bagi pelanggan yang mengakses informasi dari situs Kementerian Kesehatan dan situs Pemerintah DKI Jakarta.

Facebook Comments