Tak dipungkiri bahwa sistem operasi (operating system) komputer yang sangat populer (banyak digunakan) adalah Windows yang dimiliki oleh Microsoft. Pertama kali dirilis di tahun 1985 dengan nama Windows 1.0, tak disangkal perkembangan Windows semakin canggih saja.

Namun dari versi-versi canggihnya sejauh ini, tak dipungkiri hanya 5 rilisan Windows inilah yang paling penting dan influensial hingga detik ini. INGAT Chillers! Daftar ini memuat rilisan yang paling PENTING bukan yang TERBAIK!

1. Windows 95

Dirilis di bulan Agustus 1995, rilisan ke-12 Windows ini dianggap paling influensial karena versi inilah yang menjadi basis tampilan dari OS ini. Kalau versi ini kala itu tidak dirilis, dijamin tampilan Windows tidak akan seperti sekarang.

Tampilan Windows 95 kala itu digagas oleh Bill Gates dengan motif agar bisa diakses oleh mereka-mereka yang awam.

2. Windows XP

Siapa sih yang tidak kenal dan senang banget dengan OS yang pertama kali diluncurkan 24 Agustus 2001 ini? XP semenjak diluncurkan sukses menjadi favorit seluruh umat.

Hal ini dikarenakan Windows versi ini memiliki tampilan dan daya akses yang super bersahabat (high user friendly) bahkan terhadap yang tidak terlalu mahir komputer sekalipun. Pengguna hanya tinggal “plug & play”untuk mengaktifkan semuanya.

Dengan kemudahannya yang super nyaman ini, tak mengherankan jika Microsoft pun sampai menyempurnakan OS-nya hingga dua kali yang mana, versi penyempurnaan terakhirnya adalah Service Pack 3 (SP 3).

Selain itu tak mengherankan juga jika hingga menjelang awal 2020 ini, masih saja terdapat beberapa masyarakat Indonesia dan beberapa masyarakat dunia lainnya, yang menggunakan OS ini.

Terbukti, berdasarkan data yang ada, per November 2019, kurang lebih masih ada sekitar 42% warga Armenia yang menggunakan OS ini sebagai basis sistem operasi kerja mereka.

3. Windows 7

Walau awalnya masih banyak pengguna yang lebih menyukai Windows XP, namun lama-kelamaan, versi Windows yang dirilis 22 Juli 2009 ini, kian disukai saja oleh penggunanya.

Dan hal ini dikarenakan tampilannya yang jauh lebih canggih nan keren, dan tentunya juga lebih user-friendly.

Selain itu, peningkatan yang tidak kalah signifikannya adalah dengan memungkinkan penggunanya untuk “mengunci” (pinned) aplikasi atau dokumen yang ada sehingga, tidak perlu repot-repot lagi untuk mencarinya.

Dengan perkembangan (improvement) yang sangat signifikan ini, tak heran jika dalam 6 bulan pasca perilisannya, Windows 7 sukses memecahkan rekor penjualan seluruh sistem operasi Windows dengan terjual lebih dari 100 juta kopi.

4. Windows 8

Walau beberapa pengguna tidak menyukai versi ini, tak dipungkiri banyak juga yang menyukai Windows 8. Hal ini dikarenakan 8, memilik updgrade tampilan yang super futuristik layaknya seperti tampilan komputer di Smartphone atau Smart TV.

Tidak hanya sangat menarik dilihat, OS ini juga memiliki peningkatan fungsi yang membuat penggunanya jauh lebih praktis dalam mengoperasikan perintah yang diinginkan (walau sekali lagi sebagaian kurang menyukainya).

5. Windows 10

OS yang dirilis di bulan Juli 2015 ini tak dipungkiri merupakan versi yang tidak hanya teranyar, namun juga yang paling cepat. Selain itu anti-virus internal (bawaannya) juga benar-benar mantap.

Menggabungkan beberapa elemen di Windows 8, Windows 10 tidak hanya terlihat sangat keren dan mantap, namun juga merupakan versi Windows yang paling aman (secure). Tak heran, jika versi ini sangat dianjurkan untuk digunakan oleh seluruh pengguna PC saat ini.

Dari 5 rilisan versi OS Windows ini, yang manakah yang merupakan favoritmu Chillers?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here