Gosip yang satu ini rasanya tak akan membuat kita lelah membacanya. Bagaimana tidak, isu akan bentuk dari konsol PlayStation 5 (PS5) terus saja bermunculan. Kali ini ada penampakan nyata dari konsol game tersebut dalam foto yang diunggah oleh akun Twitter @Alcoholikaust. Foto itu memperlihatkan dua buah perangkat serupa konsol game berada di depan sebuah TV.

Di dekatnya tergeletak sepasang controller berwarna hitam. “PS5 anyone?” tulis @Alcoholikaust dalam caption yang menyertai kicauannya. Bentuk kedua konsol dalam foto serupa dengan bocoran gambar PS5 yang beredar sebelumnya. Sementara, controller yang mendampinginya terlihat mirip dengan Dual Shock untuk PlayStation 4.

Beberapa waktu lalu Sony memang sempat mematenkan controller yang diduga merupakan pasangan PS5. Dalam ilustrasi paten terlihat bahwa perangkat itu memang mirip dengan milik PS4, tapi ada sejumlah perbedaan. Perlu ditambahkan bahwa PS5 dalam gambar kemungkinan bukan merupakan versi final, melainkan developer kit yang diberikan ke pengembang software untuk keperluan membuat game.

 

Rancangan fisiknya yang terlihat aneh konon memang sengaja dibuat untuk keperluan tertentu. Tom Warren dari The Verge mengatakan bentuk PS5 developer kit yang besar dan serupa huruf “V” dimaksudkan agar lebih mudah ditumpuk untuk uji kestabilan dengan menggunakan banyak konsol sekaligus. “Sistem pendinginnya dioptimalkan untuk membuang udara dari sisi samping dan tengah,” ujar Warren dalam sebuah kicauan di Twitter,” sebagaimana dikutip dari KompasTekno dan VG247, Senin (2/12).

Di bagian depannya, kedua konsol tampak memiliki sebuah layar LCD yang menampilkan sederet teks, kemungkinan terkait dengan fungsi programming. Ada celah berbentuk pipih yang agaknya dipakai untuk memasukkan cakram (disc) game, berikut sejumlah port USB.

 

Sony sendiri telah memastikan bahwa PlayStation 5 bakal dirilis ke pasaran pada musim libuaran 2020, atau berarti menjelang akhir tahun depan. Masih belum ada banyak informasi yang diumbar soal konsol next-gen ini, tapi pihak Sony sempat mengatakan bahwa PS5 bakal bisa menjalankan game yang dibuat untuk PS4. Selain itu, komponen hardware di dalamnya juga akan jauh lebih bertenaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here