Bisa dikatakan dari sekian banyak negara, Tiongkok selalu menjadi negara yang “unik” sendiri. Pasalnya, hampir semua bentuk teknologi atau komputerial yang berasal dari Eropa, Amerika Serikat, atau negara lainnya, kerap mengalami restriksi yang sangat ketat.

Dan alasan pengekangannya pun bervariatif. Salah satu alasan yang paling sering kita dengar adalah alasan superioritas dalam artian, mereka kerap merasa bahwa mereka juga bisa untuk memproduksi aplikasi atau gadget canggih yang dimiliki kedua negara tersebut.

Alhasil, tak mengherankan jika selama bertahun-tahun kita sering melihat berbagai produk canggih yang ternyata merupakan buatan mereka sendiri. Bahkan ketika tulisan ini diunggah, terdapat beberapa produk gadget atau aplikasi yang kini sedang dikembangkan oleh mereka.

Salah satunya, adalah versi alternatif dari aplikasi pelacak global alias GPS. Dan bagi Chillers yang selalu update dengan berbagai info yang berbau teknik informatika, pastinya sudah mengetahui kalau aplikasi GPS versi mereka ini, sudah dikembangkan selama 10 tahun lamanya.

Dan nama dari sistem GPS versi mereka ini, dinamakan: Beidou Navigation Satellite. Nah, mengingat sudah satu dekade dikembangkan, tak pelak kitapun menjadi penasaran. Spesifiknya, kapankah GPS ini akhirnya akan diluncurkan?

Well, seperti yang diungkapkan oleh kepala proyeknya, Ren Chengqi, komponen inti dari satelit ini, telah diselesaikan pembangunannya di awal Desember 2019 ini. Dan sedianya, dua satelit terakhirnya akan mencapai orbitnya sebelum 2020.

Pada intinya menurut Ren, perkembangan besar selanjutnya barulah akan diketahui di tahun 2035 mendatang. Berarti dengan kata lain, bisa jadi Beidou Navigation baru akan beroperasi di sekitar tahun 2040 atau kurang lebih, 20 tahun lagi.

Walau masih lama, namun faktanya hampir 70% ponsel pintar produksi Tiongkok saat ini, sudah diprogram terlebih dahulu untuk otomatis support terhadap Beidou.

Bahkan lebih jauhnya seperti yang dilansir dari Nikkei, sudah ada 120 partner bisnis yang sudah siap untuk menggunakan sekaligus mempromosikan teknologi teranyar ini.

Well, mari kita tunggu dan lihat saja lagi perkembangan ke depannya. Tentunya kita berharap semoga Beidou Navigation bisa sukses besar. Sekarang, bagaimana nih pendapat Chillers dengan kabar ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here