‘Maghribi’, Koleksi Modest Wear Terbaru Ria Miranda x Jovian

Kolaborasi Modest Wear dari Ria Miranda x Jovian ini terinspirasi dari gaya Maghribi dari Maroko. Hadir dengan 20 look dan motifnya diadaptasi dari pola Baroque dan Timur Tengah dengan sapuan aneka warna di setiap piece-nya.

Salah satu kolaborasi yang paling ditunggu akhirnya terwujud juga. Desainer Ria Miranda untuk kali pertamanya berkolaborasi dengan desainer luar negeri. Kali ini Ria Miranda menggandeng desainer asal Malaysia, Jovian Mandagie untuk membuat sebuah koleksi yang bisa dibilang jauh lebih elegan dari karya Ria sebelumnya.

Show yang berlangsung di Rumah Maroko, Jakarta Pusat (26/3) ini berlangsung dalam suasana hangat dan senada dengan apa yang akan diluncurkan kedua desainer ini. Memang tak mudah menyatukan dua desain dan ciri khas masing-masing desainer dalam suatu karya. Hal ini diakui oleh Ria Miranda dan Jovian Mandagie saat menjelaskan kolaborasi mereka kali ini.

“Saya banyak belajar dari Jovi tentang pasar di Malaysia. Bagaimana style-nya dan apa yang mereka suka.” ungkap Ria Miranda dalam acara press conference di depan para media.

Senada dengan Jovi, dirinya pun mencoba memahami gaya yang disukai masyarakat Indonesia. Walaupun kedua bangsa ini serumpun, pastinya ada perbedaan antara gaya berbusana, pemilihan bahan dan potongan busana yang disukai oleh masing-masing individu di kedua negara tersebut. Meski demikian, perbedaan itu berhasil dijembatani dan mereka berhasil menemukan titik tengah dalam meluncurkan koleksi yang bertema Maghribi ini.

Kolaborasi yang terinspirasi dari gaya Maghribi atau seni budaya Maroko ini hadir dengan keindahan busana modest kontemporer yang memberikan nuansa elegan.

Motifnya terinspirasi dari ornament khas Maroko, dengan pola Baroque dan  Timur Tengah. Seluruh koleksi baju muslim ini terdiri dari 20 look yang memberikan definisi baru melalui pendekatan kontemporer yang dibalut sederhana melalui ornamen manik-manik, pola motif cetakan, lipatan, soft draping, dan ruffles. Hasil kolaborasi ini memberikan sentuhan cukup unik khas kedua designer tersebut.

Koleksi ini menggabungkan penggunaan cetakan optikal dan motif floral dengan mengedepankan elemen signifikan dari masing-masing desainer ke dalam cetakan kain dan sulaman manik yang saling melengkapi. Koleksi ini menghadirkan gaya bahan berlipit yang jatuh, siluet kaftan, blus, baju kurung modern, oversized jacket, dan celana palazzo. Palet warna yang ditampilkan dalam koleksi ini sangat beraneka warna, mulai dari warna-warna merah jambu, krem, ungu, abu-abu, terakota, ungu, mauve, hijau, dan biru Tosca. Nuansa feminine dan elegan khas Ria Miranda sangat terasa.

“Perbedaan koleksi ini dengan koleksi saya sebelumnya memang sangat terasa. Adanya penambahan beading dan juga detailnya lebih ditonjolkan. Siluetnya  dan finishingnya berbeda. Saya juga belajar banyak dari Jovi.” jawab Ria saat ditanya perbedaan koleksi kolaborasi ini dengan koleksi sebelumnya.

Koleksi Maghribi ini pertama kali diluncurkan awal Maret 2019 di Astaka Marocco, Putrajaya, Malaysia. Rencananya, koleksi bertema Maroko ini tak hanya dijual di Indonesia dan Malaysia tapi juga merambah hingga Brunei Darussalam dan Singapura.

Untuk range harganya sendiri bisa dibilang cukup terjangkau, dimulai dari Rp 600 ribuan hingga Rp 2 jutaan, dan bagi penggemar koleksi Ria Miranda di Indonesia patut bersyukur, karena koleksi ini dijual lebih murah daripada negara lain, karena proses produksi semua dilakukan di Indonesia.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here