Ketika tulisan ini diturunkan, pastinya Chillers sudah mengetahui kabar resmi penunjukan aktor film “The Raid” (2011), Joe Taslim, sebagai pemeran karakter game tarung legendaris Mortal Kombat, Sub-Zero, di adaptasi film terbarunya yang sedianya, akan dirilis di tahun 2021 mendatang.

Tentunya kabar ini sangatlah membanggakan kita-kita sebagai sesama warga Indonesia. Nah sebelum akhirnya kita menyaksikan aksi Joe Taslim sebagai si ninja biru ini, mari kita simak terlebih dahulu 10 fakta keren dan unik dari si ninja yang memiliki jurus es beku ini.

1Salah Satu Dari 7 Karakter Mortal Kombat Orisinil

Bersama dengan Johnny Cage, Kano, Sonya Blade, Raiden, Liu Kang, dan Scorpion, Zero adalah karakter yang pertama kali diperkenalkan di game perdana Mortal Kombat (1992).

Tentunya karakter ini langsung menjadi favorit para pemaian dikarenakan dirinya yang bisa membekukan lawan yang mana, metode ini tentunya sangat memudahkan jalan pertarungan yang ada.

2Ada 2 Sub-Zero

Ya. Pasti banyak dari Chillers yang mungkin masih kurang begitu “ngeh” dengan hal ini. Faktanya, sosok Sub-Zero di game MK bukanlah satu sosok yang sama.

Spesifiknya, Sub-Zero di game pertamanya bernama asli Bi-Han. Sedangkan, Sub-Zero yang memulai debutnya di sekuelnya Mortal Kombat II (1993) adalah sosok yang bernama Kuai Liang.

Kuai Liang adalah adik kandung Bi-Han. Ia menggantikan posisi sang kakak setelah Han tewas di tangan musuh bebuyutan mereka, Scorpion di turnamen pertamanya.

3Anggota Lin Kuei

Baik Bi-Han maupun Kuai Liang, adalah anggota kelompok perkumpulan ksatria yang bernama Lin Kuei. Awalnya kelompok memiliki cara yang sangat kejam dan gelap dalam menghadapi musuh-musuhnya.

Namun setelah Liang mengambil alih, kelompok ini mulai merubah cara bertarung mereka dengan jauh lebih terhormat. Atas kebijaksanaan dan influens baiknya ini, tak heran apabila kemudian Liang sukses meraih gelar pimpianan agung (Grandmaster) di kelompoknya ini.

4Teman Baik Smoke

Ada musuh bebuyutan, tentunya ada teman baik juga. Dan untuk kasus Sub-Zero, adalah si ninja asap Smoke, yang menjadi kawan baik Zero.

Awal pertemanan mereka tercipta di Mortal Kombat 3 (1995) setelah keduanya menolak untuk berpartisipasi dalam program cyber initiative yang ingin dilakukan oleh Lin Kuei.

Sesuai namanya, program ini ditujukan untuk merubah anngota Lin Kuei menjadi seorang cyborg. Sayang ketika keduanya berusaha kabur, Smoke tertangkap. Alhasil iapun menjadi korban dari programnya.

Untungnya Zero tidak menyerah terhadap sahabatnya ini. Ia bersama Raiden pun berusaha mati-matian untuk meyakinkan Smoke kalau ia masih memiliki jiwa baik di dalam dirinya.

Usaha keduanya berhasil dan Smoke (walau masih menjadi cyborg), besama Zero sukses membalas balik perbuatan yang dilakukan Lin Kuei terhadap dirinya.

Di reboot game-nya, Mortal Kombat (2011), setelah dua dekade tampil dalam format cyborg, ia pun kembali menjadi manusia dan menggunakan nama manusianya, Tomas Vrbada.

5Berdamai Dengan Scorpion

Di Mortal Kombat X (2015), Kuai diperlihatkan mendatangi musuh bebuyutannya Scorpion, yang kini telah dalam bentuk manusianya dan menggunakan nama aslinya, Hanzo Hasashi.

Dalam pertemuannya, Kuai sukses meyakinkan sekaligus membuktikan Hasashi bahwa adalah si penyihir licik Quan-Chi, yang sebenarnya merupakan dalang dari pembunuhan seluruh keluarga dan klan Shirai Ryu-nya.

Alhasil, Zero dan Scorpion pun berdamai dan Scorpion pun, berhasil membalas dendamkan kematian keluarga serta saudara seperguruannya tersebut dengan sukses membunuh Quan-Chi.

6Sukses Mendapatkan Dragon Medallion

Di dalam universe MK, Dragon Medallion adalah artifak yang dianggap paling kuat. Hal ini dikarenakan artifak ini bisa melipat gandakan kekuatan penggunanya.

Lebih jauhnya, kekuatan yang digandakan bisa membuat penggunanya nyaris tak terkalahkan! Nah Zero sukses mendapatkan medali naga ini setelah bertarung habis-habisan dengan si cyborg roket merah, Sektor.

Ketika sukses mendapatkan medalinya, tak hanya kekuatan es Zero menjadi berkali-kali lipat lebih berbahaya, namun juga membuat penampilannya berubah cukup drastis.

Salah satu bukti perubahannya adalah perubahan warna kedua bola matanya dari yang tadinya biru menjadi putih. Dan kerennya nih, tidak seperti karakter MK lain yang ketika mendapatkan kekuatan tiada tara menjadi gelap mata, Zero justru menggunakan medali ini di jalan kebaikan.

Spesifiknya dengan medali ini, ia mereformasi citra Lin Kuei dari yang tadinya merupakan kumpulan pembunuh yang dicuci otak, menjadi kumpulan para ksatria.

7Frost adalah Mantan Muridnya

Yap petarung yang pada dasarnya adalah hybrid antara manusia dan cryomancer yang pertama kali debut di Mortal Kombat: Deadly Alliance (2002) ini, faktanya adalah mantan murid Zero.

Frost yang menyadari bahwa dirinya memiliki kemampuan seperti Zero, berinisiatif untuk pergi ke Artic Temple dimana Lin Kuei berada. Ia ingin Zero bisa melatihnya menjadi petarung yang sama kerennya seperti si ninja biru tersebut.

Sayangnya, walau Frost terbukti adalah seorang petarung yang sangat berbakat, ia kerap mengenyahkan kode etik (code of honor) yang telah diterapkan oleh sang guru terhadap seluruh murid Lin Kuei nya. Alhasil keduanya pun kerap bentrok.

Puncaknya adalah ketika ia mencoba untuk mencuri Dragon Medallion untk dirinya sendiri. Frost sukses mendapatkan medalinya. Sayang ketika ia sudah mendapatkannya, kekuatannya masih belum cukup besar untuk menangkal medalinya.

Alhasil Frost pun membekukan dirinya sendiri dan Zero pun menyalahkan habis-habisan dirinya karena merasa super gagal sebagai gurunya. Namun gokilnya, setelah bebas, bukannya berubah kelakuannya, Frost malah membunuh seluruh rekan murid Lin Kuei-nya.

Zero pun mau tak mau harus menghadapi Frost yang berakhir dengan sang guru membekukan seluruh tubuh Frost dalam balok es.

Frost yang masih bernyawa pun ditinggalkan begitu saja di dalam balok es oleh Zero sebagai pertanda untuk membuatnya jera dan juga untuk menjelaskan motif-nya atas perbuatan keji yang dilakukannya tersebut.

8Satu-Satunya Karakter yang Tampil di Seluruh Game MK

Bukan Chillers. Bukan Liu Kang atau Scorpion. Tapi adalah Sub-Zero yang menjadi satu-satunya playable character yang tampil di seluruh seri utama MK (bahkan hingga reboot-nya).

Tentunay seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, tak heran apabila Zero ditampilkan di seluruh serinya. Ia merupakan karakter terfavorit fans sepanjang masa.

9Kano yang Memberikan Luka di Mata Kanannya

Semenjak Liang melakukan debutnya di Mortal Kombat 3, tentunya banyak dari kita yang merasa penasaran dengan luka codet di mata kanan nya (di televisi posisi adalah mata kiri).

Mengapa sampai ada codet? Siapa yang melakukan codet-nya? Dan seperti yang diperlihatkan di komik Mortal Kombat X, luka ini didapatkan ketika ia sedang bertarung melawan Kano untuk memperebutkan Kamidogu Daggers.

Dalam pertarungan, Kano melukai mata Zero dengan belati Kamidogunya tersebut. Yang Zero tidak sadari, belati tersebut memiliki kekuatan mistis yang kuat. Alhasil setelah dilukai Kano, iapun langsung kerasukan iblis jahat dan bahkan sampai menjadi anak buah Quan-Chi.

Untunglah Raiden dan rekannya Bo’ Rai Cho sukses mengembalikan Zero kembali seperti semula.

10Belum Diterjemahkan Secara Baik di Layar Lebar

Walau sudah ditampilkan di dua adaptasi filmnya: Mortal Kombat (1995) dan Mortal Kombat: Annihilation (1997), sayangnya Hollywood masih gagal paham saja dalam menginterpretasikan karakter MK ikonik ini.

Di adaptasi perdananya, Sub-Zero yang adalah Bi-Han yang diperankan oleh aktor yang juga sekaligus ahli Ju-Jitsu, Francois Petit ditampilkan sebagai anak buah Shang Tsung yang bertarung dengan Liu Kang (Robin Shou).

Padahal seperti yang telah dijelaskan, di game-nya, Bi-Han bukanlah sosok antagonis. Di Annihilation, sosok Zero yang ditampilkan adalah sang adik, Kuai Liang (Keith Cooke).

Oke, mungkin di Annihilation, akhirnya sosok Zero ditampilkan sebagai sosok protagonis seperti seharusnya. Tapi sayangnya dikarenakan pada dasarnya keseluruhan sekuelnya ini super buruk, alhasil treatment karakter Sub-Zero pun lagi-lagi menderita.

Mari kita sekarang berharap saja semoga di versi reboot yang diperankan oleh Joe Taslim, akhirnya treatment terhadap karakter Zero akan lebih baik lagi nantinya.

Sekarang, bagaimana nih pendapat Chillers dengan 10 fakta keren ini? Apakah Sub-Zero memang merupakan karakter MK favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here