“Aku fans berat musik Rock!” Yakin? Apakah kalian mengetahui atau bahkan menguasai 10 lagu Rock berikut yang notabene adalah lagu tingkat “basic” di dalam genre ini?

Intinya, apabila kalian mengaku fans musik Rock atau “Rocker”, kalian sekali lagi harus dan wajib banget mengetahui lagu-lagu ini!

10Joan Jett & The Blackhearts – I Love Rock N’ Roll (1982)

Sebenarnya lagu yang dinyanyikan oleh rocker wanita badass ini adalah versi daur ulang (cover). Aslinya, lagu ini adalah milik band asal Inggris The Arrows yang dirilis di tahun 1975.

Kaget? Gak heran. Pasalnya Jett sukses banget dalam men-cover nya. Di tangannya, lagu ini seakan menjadi miliknya. Dari semua lagu-lagu milik Jett, tak disangkal bahwa “I Love Rock N’ Roll” adalah lagu yang paling komersil dan ear catchy.

Apalagi lagu ini di-cover lagi oleh Britney Spears di tahun 2002. Jadi ya rasanya tidak mungkin juga sih kalau Chillers sampai belum mendengar lagu ini.

9The White Stripes – Seven Nation Army (2003)

Dirilis di tahun 2003, lagu milik duo The White Stripes ini memiliki riff repetitif yang sangat ear-catchy, mentah, dan tentunya antemik.

Saking antemiknya, sampai-sampai melodi chord dari lagu ini kerap dinyanyikan oleh seluruh penonton di stadium olahraga (terutama sepakbola) untuk menyemarakkan pertandingan yang sedang terjadi.

8The Rolling Stones – (I Can’t Get No) Satisfaction (1965)

Dengan riff gitar pembuka dari Keith Richards yang ikonik itu, dijamin kita akan langsung berjoget-joget sendiri ketika mendengarkan lagu yang diciptakan oleh Richards setelah memimpikan chord riff tersebut.

Lagu ini ketika dirilis, sukses membuat Mick Jagger cs dipandang sebagai rival The Beatles yang patut diperhitungkan. Pokoknya tidak ada yang tidak tahu dengan lagu ini!

7Nazareth – Love Hurts (1974)

Sungguh luar biasa yang dilakukan oleh band Rock asal Skotlandia ini. Mengapa kami katakan demikian? Karena band yang vokalis awalnya adalah Dan McCafferty ini sukses banget merubah “Love Hurts” menjadi lagu milik mereka.

Saking suksesnya, hingga detik ini apabila ada yang bertanya atau menyebut “Love Hurts”, nama Nazareth lah yang tercetus di kepala. “Loh memangnya lagu ini aslinya bukan lagu Nazareth ya?”

Yap bukan Chillers. Lagu ini aslinya adalah milik duo Pop Country legendaris The Everly Brothers yang dirilis di tahun 1961. Versi aslinya memiliki irama yang jauh lebih country mendayu-dayu.

Namun sayangnya, versi aslinya masih kalah populer dari versi cover milik Nazareth ini. Bahkan ketika Joan Jett juga men-cover nya di tahun 1990, cover miliknya ini dibandingkan dengan versi Nazareth bukan versi Everly Brothers.

Nah dengan fakta gokil ini, maka tidak heran bukan mengapa yang versi ini yang dimasukkan di daftar ini?

6Steelheart – She’s Gone (1991)

Rasanya tidak perlu panjang lebar kami jelaskan mengapa lagu ini sampai kami sertakan di dalam daftar ini. Kami balik tanya lagi saja deh. Siapa sih yang tidak tahu lagu one hit wonder milik Steelheart ini?

Mulai dari komposisi nada-nada rock baladanya hingga tentunya tarikan vokal Miljenko Matijevic yang super tinggi dan “gak kira-kira” itu, sukses membuat banyak orang (termasuk kita-kita di Indonesia), snagat tertarik untuk mencapai nada-nada tingginya juga.

5Deep Purple – Smoke on the Water (1973)

Rasanya tanpa perlu disertakan di dalam daftar, lagu ini sudah menjadi daftar wajib untuk dikuasai oleh kita-kita yang hobi nyanyi atau main gitar (apalagi yang bekerja sebagai musisi).

Pasalnya lagu ini memiliki berbagai elemen yang sukses membuatnya menjadi lagu klasik khususnya, elemen riff gitar pembuka si Ritchie Blackmore yang dijamin menjadi “mata pelajaran” pertama  kita smeua ketika mulai belajar main gitar.

4Bon Jovi – You Give Love a Bad Name (1986)

Sebenarnya, “Livin on a Prayer” yang juga dirilis di tahun yang sama, bisa disertakan juga di dalam daftar ini. Namun tetaplah sebelum lagu itu, adalah lagu ini yang sangat WAJIB banget diketahui.

Karena ‘You Give Love a Bad Name” memiliki segudang elemen yang membuatnya menjadi lagu yang super ear-catchy sepanjang masa. Mulai dari riff gitar, tarikan vokal Jovi, dan tentunya sorakan A Cappella bagian reffrain lagunya, semuanya bikin kita langsung “hook” dengan lagunya.

3Guns N’ Roses – Sweet Child O’ Mine (1988)

Sama hal-nya seperti kasus “Smoke on the Water” milik Deep Purple, tak dipungkiri “Sweet Child O’ Mine” adalah salah satu lagu yang menjadi “bahan belajar” kita ketika memainkan gitar.

Saking kerennya komposisi musik lagu ini, sampai-sampai membuat lagu ini menjadi lagu GNR yang paling mainstream sepanjang masa. Jadi kalau sampai tidak tahu dengan lagu ini, kami tidak tahu harus berkata apalagi.

2The Beatles – Ticket to Ride (1965)

Sebenarnya alasan untuk poin ini serupa dengan alasan yang dikemukakan di artikel pembahasan 10 Lagu Beatles yang seharusnya disertakan di film Yesterday

Tapi oke akan kami ulangi sedikit disini. “Ticket to Ride” bisa dikatakan adalah lagu The Beatles yang super mainstream. Bahkan saking mainstream-nya, lagu ini kerap dijadikan “ledekan” apabila kita sampai tidak hafal liriknya!

Apabila kita mungkin belum mengetahui lagu-lagu seperti katakanlah: “I’ve Got a Feeling”, “While My Guitar Gently Weeps”, “Octopus Garden”, atau bahkan “I am the Walrus” , mungkin masih tidak masalah. Tapi tidak tahu lagu “Ticket to Ride”? Jangan sampai deh!

1Queen – We Are the Champions / We Will Rock You

Dijadikan satu karena selain dirilis dan diambil dari album yang sama, News of the World (1977), kedua lagu ini faktanya memanglah memiliki tema lirik yang hampir mirip.

Baik “We Are the Champions” maupun “We Will Rock You”, adalah lagu yang diciptakan oleh Queen karena kekesalan Freddie Mercury dan Brian May yang sudah memuncak terhadap media dan kritikus musik yang kala itu menghina habis lagu-lagu keluaran mereka.

Spesifiknya, lagu-lagu mereka kala itu dianggap “gak nge-rock” sama sekali walau faktanya genre mereka adalah Rock. Jadi yap Chillers kedua lagu ini bukanlah diciptakan khusus untuk event olahraga.

Terkecuali “We Will Rock You” yang seperti dijelaskan lagi di film Bohemian Rhapsody (2018), memang diciptakan May untuk mengajak penonton mereka untuk ikut meramaikan suasana di setiap konser mereka.

Anyway, mau apapun itu tujuan atau makna kedua lagunya, yang jelas kedua lagu ini sangatlah hit banget. Dan sangat WAJIB BANGET diketahui oleh kita-kita yang mengaku pecinta musik Rock. Kalau sampai tidak tahu, maaf saja, kami jadi meragukan klaim kecintaan kalian terhadap genre musik ini Chillers!

 

Bagaimana nih Chillers? Apakah kalian sependapat dengan pembahasan kali ini? Dari 10 lagu ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here