Seringkali kita mendengar komplain yang umumnya datang dari generasi “jadul” yang kerap mengatakan bahwa musik dan vokalis era moderen tidaklah sekeren dan sebagus seperti era dulu.

Walau pernyataan tersebut (mirisnya) benar banget, faktanya banyak juga kok musik dan vokalis bersuara yang super keren yang sukses dihasilkan di era yang musiknya full komputer dan auto-tune sekarang ini. Dan berikut adalah 10 vokalis bersuara super emas tersebut.

10. Charlie Puth

Bisa dikatakan Puth adalah rival sehatnya Shawn Mendes. Dikatakan demikian karena awal keduanya ngetop adalah dari media sosial dan keduanya, juga memiliki latar genre yang serupa. Dan oh ya, keduanya sama-sama ngetop di waktu yang cukup bersamaan.

Namun kalau kita membicarakan kualitas vokal, sudah jelas Puth jauh lebih keren daripada Mendes. Mendes mungkin memiliki suara yang terdengar sangat signature (ciri khas). Tapi kalau membicarakan dari aspek teknikal seperti dinamika, falsetto dan sebagainya, maka Puth lah jawaranya.

Dan jangan lupa, Puth juga sangat jago dalam menciptakan lagu dan tentunya, memainkan berbagai instrumen musik. Pokoknya multi talented banget deh dia ini!

9. Harry Styles

To be fair, seluruh personil boyband One Direction memiliki kualitas vokal yang oke. Tapi tak dipungkiri bahwa dari seluruhnya, adalah Styles yang paling menonjol. Vokal Styles seperti hal-nya wajahnya, terdengar sangat karismatik.

Ketika mendengarnya, mau kita fanboy 1D atau bukan sama sekali, dijamin langsung merasa jatuh cinta kepada dirinya. Selain itu, warna dan jangkauan suaranya jauh lebih luwes.

Styles dengan tipikal vokalnya bisa banget menyanyikan lagu dari berbagai genre seperti pop, balada, slow rock, dsb. Oleh karenanya, tidaklah mengherankan jika dibandingkan dengan personil lainnya, mantan kekasih Taylor Swift inilah yang jauh lebih sukses karir solonya.

8. Nate Ruess

Pentolan band FUN ini sukses banget mencuri perhatian kedua telinga kita dengan tarikan vokalnya yang melengking banget seperti wanita.

Nada-nada tinggi yang dicapai Ruess benar-benar membuat kita menjadi makin bersemangat untuk mengumpulkan dana untuk les vokal dengan guru yang mumpuni.

Pink benar benar tidak salah pilih ketika menunjuknya sebagai pendampingnya untuk menyanyikan hit-nya, “We Are Young” (2011) yang sanagat fenomenal itu.

7. Lady Gaga

Pada awalnya mungkin banyak dari kita yang menganggap kualitas vokal dari vokalis bernama panjang Stefani Joanne Angelina Germanotta ini, biasa-biasa saja. Maklumlah. Pasalnya di awal karirnya, Gaga bernyanyi di rana genre Pop-dance yang biasa diputar di klub-klub.

Barulah ketika ia merilis album keduanya, Born This Way (2011), Gaga sukses mengejutkan kita dengan kualitas vokalnya yang sesungguhnya. Vokal yang dimiliki Gaga sangatlah unik.

Dirinya memiliki kualitas vibrato yang sangat kokoh namun di saat yang sama, ia juga memiliki tembakan nada tinggi yang dahsyat banget yang alhasil sukses membuktikan kalau ia memanglah bisa menyanyikan lagu di genre apapun itu.

6. Adele

Oke rasanya kita semua setuju bahwa suara Adele sangat keren. Namun kalau dipikir lagi, dimana sih letak kerennya?

Adele memiliki range vokal yang unik. Ia bisa benar-bena serendah vokalis Alto (suara rendah wanita), namun ketika tinggi dia bisa nyaris mencapai nada-nada Sopran walau paling amannya ia berada di rana Mezzo-Spoprano.

Dan uniknya lagi walau ia bisa mencapai nada tinggi, mungkin dikarenakan pengaruh dari nada asli (berbicaranya) yang memang rendah, Adele tidak bisa melakukan suara falsetto.

Alhasil ketika ia dibutuhkan untuk menembus nada falsetto di lagu seperti “Someone Like You” (2011) dan “When We Were Young” (2016), iapun mencapai nadanya dengan teknik belting yang mana seperti kita ketahui, merupakan teknik yang paling riskan apabila kita tidak mengetahui atau “kepleset” ketika melakukannya.

Namun untungnya, Adele bukanlah sosok vokalis yang sembarangan. Alias baik belting atau teknik vokal apapun dikuasainya dengan sangat baik. Jadi sekali lagi tidak heran bukan apabila dirinya dianggap sosok vokalis yang terbaik?

5. Sam Smith

Dengan kepribadiannya yang “mellow”, tak heran jika kualitas vokal yang dimiliki oleh pelantun “Stay With Me” (2014) inpun terdengar agak soprano terlepas faktanya, ia adalah seorang tenor.

Namun ya memang disitulah letak kelebihannya Chillers. Dengan kelembutan sekaligus ketajaman suara yang dimilikinya, Smith sukses memberikan pendengarnya experience yang sangat keren dan unik.

Oh ya, jangan lupakan juga dengan suntikan feel-nya yang ia berikan dengan sangat tajam di setiap lagu-lagunya yan alhasil, membuat kita langsung ikut “beper” nangis bombay sendiri ketika mendengarnya.

4. Bruno Mars

Ketika “Just the Way You Are” dirilis di tahun 2010, lagu ini tak pelak langsung mencuri perhatian kita semua (terutama) cewek-cewek. Hal ini tentunya dikarenakan tarikan vokal Bruno Mars yang benar-benar mantap.

Spesiknya, vokal Bruno sangatlah tenor dan “feely” (penuh perasaan). Sehingga mau itu lagu gembira atau sedih, vokalis bernama asli Peter Gene Hernandez ini, dapat menampilkan emosi lagunya dengan sangat cemerlang.

 3. Sia

Vokalis wanita asal Australia ini tidak hanya mencuri perhatian dengan konsep “wajah misterius” saja, namun dirinya juga mencuri perhatian dengan range vokal Soprano-nya yang sangat “gila-gilaan”.

Seperti Adele, Sia juga super jarang menggunakan teknik falsetto dan banyak menggunakan teknik belting. Namun dibanding Adele, belting yang dimiliki Sia sangatlah tinggi yang alhasil membuat kita-kita menjadi sangat kewalahan ketika mencoba menyanyikan lagu-lagu miliknya.

Intinya, apabila kita tidak memiliki tenaga suara seperti dirinya, jangan coba-coba deh walaupun, lagu tersebut memiliki tingkat segampang seperti “Titanium” (2011).

2. Brandi Carlile

“Who?” Ya, ya Chillers. Kami maklum apabila banyak dari kalian yang masih merasa asing dengan nama dan sosok vokalis wanita asal Washington ini. Pasalnya sosok Carlile (sayangnya) tertutupi oleh nama-nama populer seperti Maroon 5, Taylor Swift, Adele, Katy Perry, cs.

Sekali kagi sangat disayangkan. Pasalnya selain telah berkarir sejak tahun 2004, Carlile adalah sosok vokalis yang memiliki kualitas vokal yang dijamin bikin Adele menjadi langsung minder dan langsung “pensiun”.

“WOW memang sebegitu bagusnya?” Langsung saja deh kamu dengar lagu hit-nya yang dinominasikan di penghargaan Grammy awal 2019 ini, ‘The Joke” yang kami cantumkan di pembahasan poin ini. Kalau kamu gak terpukau, kami benar—benar mempertanyakan “kesehatan bermusik” kalian!

1. Florence Welch

Walau Brandi Carlile memiliki suara yang luar biasa memukau, namun apabila dibandingkan dengan pelantun “Shake it Out” (2011) ini, sori banget, Brandi masih kalah jauh kualitasnya.

Mulai dari tampilan wajah, warna suara, dan power suara yang dimiliki Welch, semuanya benar-benar terdengar seperti dari “dunia lain” (tentunya pernyataan ini dalam konteks yang super positif).

Flo memiliki vokal yang benar-benar bulat dan powerful. Bahkan ketika berteriak pun, teriakannya masih sangat bertenaga dan enak banget. Brandi atau Adele mungkin bisa menjadi teman duet-nya. Tapi menyaingi si penyanyi asal Inggris 33 tahun ini? Tentunya sangatlah mustahil.

Nah itulah tadi 10 vokalis dengan suara keren di era modern ini. Dari 10 vokalis ini, manakah yang kalian anggap memiliki kualitas vokal yang super mumpuni?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here