Semenjak memulai debutnya di akhir 70-an, band Rock asal Irlandia, U2, telah sukses menjadi salah satu band Rock terbesar di dunia ini.

Selain dikarenakan tarikan vokal khas dan aksi panggung super teatrikal yang kerap ditampilkan sang vokalis, Paul Hewson aka Bono, faktor lain yang membuat band ini menjadi begitu besar adalah lagu-lagunya yang mungkin bukan “selera umum”, namun tetap terdengar sangat enak di telinga.

Dan dari 14 album dan 100 lebih rilisan lagunya sejauh ini, berikut adalah 20 lagu terkeren diantaranya. Seperti biasa kami ingatkan bahwa daftar ini bersifat subyektif.

20. With or Without You (1987)

Yap mari kita buka dengan lagu sejuta umat. Siapa sih yang setidaknya pernah sekali saja mendengar lagu ini? With or Without You merupakan lagu hit dari album U2 yang juga hit sepanjang masa, The Joshua Tree (1987).

Salah satu aspek mengapa lagu ini begitu nge-hit, bukannya hanya dikarenakan tarikan vokal Bono yang super keren atau musiknya yang terdengar renyah di kuping saja, “With or Without You” kalau kita dengarkan lagi secara seksama, memiliki komposisi musik yang unik banget.

Pokoknya komposisi musiknya tidak terdengar seperti musik-musik era 80-an atau dari era manapun. Bisa dikatakan lagu ini berasal dari planet lain. Berlebihan? Well, memang terdengar demikian bukan?

19. Vertigo (2004)

Pasca sukses “mengembalikan” lagi fans mereka dengan kembali ke akar musik simpel Rock mereka melalui album “All That You Can’t Leave Behind” (2000), fans pun merasa penasaran apakah band ini masih bisa meneruskan kemenangan mereka ini?

Dan melalui rilisan single jagoan di album berikutnya, How to Dismantle an Atomic Bomb (2004) ini, U2 sukses menjawab penasaran tersebut.

“Vertigo” beserta keseluruhan lagu-lagu di album ini, masihlah terasa sangat simpel dan nge-rock banget. Belum lagi pada dasarnya, lagu ini memang membuat kita yang mendengar pun langsung menjadi semangat sendiri.

18. Even Better Than the Real Thing (1991)

Tak dipungkiri bahwa album Achtung Baby (1991), lumayan diprotes oleh fanboy U2. Pasalnya di album ini, Bono cs mencoba bereksperimentasi untuk mengikuti era 90-an yang seperti kita tahu, genre industrial dan electronic dance sangat booming di era ini.

Dan salah satu hasil dari eksperimentasi nekad tersebut, adalah lagu ini yang bisa dikatakan merupakan percampuran keren dari genre tersebut dan dengan musik rock khas mereka.

Saking kerennya, tidak heran apabila lagu ini kala itu, sempat lama menguasai lantai-lantai dansa di berbagai klub malam.

17. One (1991)

Masih diambil dari album yang sama, rasanya tidak mungkin banget apabila kita belum pernah mendengarkan lagu ini. Pasalnya “One” merupakan salah satu nomor balada U2 yang super hit.

Kerap dianggap sebagai lagu persatuan dan teriakan cinta damai (walau agak sedikit benar juga secara teknis), lagu yang pada dasarnya merupakan teriakan frustasi U2 yang kala itu hampir bubar ini, merupakan lagu yang paling intens namun, bisa dinyanyikan oleh siapapun yang mendengar.

16. Out of Control (1980)

Merupakan salah satu nomor di album perdana yang bertajuk Boy (1980), “Out of Control” merupakan nomor yang pertama kali memperkenalkan sekaligus memfamiliarkan teriakan lengking Bono serta raungan riff gitar The Edge yang sangat ikonik itu.

15. Pride (In the Name of Love) (1984)

Ode bagi pejuang kebebasan kulit hitam di Amerika Serikat, Dr. Martin Luther King Jr., Pride memiliki intro riff yang seakan memberikan statement keras bahwa band ini sama seperti yang lain, juga sangat kesal bahkan, benci dengan penindasan kulit hitam yang terjadi di A.S.

Semenjak dirilis, “Pride” bersama beberapa lagu lainnya, menjadi nomor langganan di setiap konser mereka.

14. Sunday Bloody Sunday (1983)

Dibuka dengan gebukan intens Larry Mullen Jr, lagu yang diambil dari album War ini, membuat siapapun yang mendengar akan langsung tertampar sekeras-kerasnya dengan potret lirik miris dari berbagai konflik dan peperangan yang terjadi hingga detik ini.

Kita pun menjadi tersadar bahwa di kehidupan super enak dan nyaman yang kita nikmati saat ini, faktanya horor kekejaman pertumpahan darah disana-sini, masihlah terus terjadi hingga detik ini. Dan kita seharusnys lebih peka dengan rekan-rekan ssaudara kita yang sangat tidak beruntung tersebut.

13. Angel of Harlem (1988)

Merupakan tribute bagi ikon Jazz, Billie Holiday, aspek utama yang membuat “Angel of Harlem” terdengar begitu enak di telinga, adalah komposisi musiknya yang terdengar sangat klasik Amerikana yang memang di era ini, merupakan era di mana U2 mengeksplorasi genre tersebut.

Alhasil, membuat “Angel of Harlem” terdengar sangat keren dan membuat kita langsung senyum-senyum riang sendiri ketika mendengarnya.

12. Desire (1988)

Serupa dengan “Angel of Harlem”, “Desire” menampilkan elemen musik Amerikana yang sangat kental. Kombinasi folk rock, blues, dan country yang ditampilkan, membuat “Desire” sukses membuat U2 benar-benar terdengar bagaikan band yang berasal dari negara Patung Liberty tersebut.

11. When Love Comes to Town – U2 feat. BB King (1988)

Dengan misinya untuk mempelajari sekaligus memasukkan elemen Amerikana di album Rattle & Hum (1988), maka untuk meng-afdhalkan misinya, tentunya langkah puncakanya adalah bermain musik blues bersama salah satu dedengkot genre-nya.

Dan hal inilah yang persis terjadi dengan lagu ini. Duet dengan pelantun “Thrill is Gone”, B.B King, “When Love Comes to Town” sukses menampilkan balap-balapan vokal kelas atas antara Bono dan King.

Juga yang perlu dipuji disini, adalah kemumpunian Edge yang tak disangka-sangka, bisa banget memainkan komposisi (kunci-kunci) blues-nya dengan sangat apik tenan.

10. Bullet the Blue Sky (1987)

Juga diambil dari album The Joshua Tree (1987), “Bullet the Blue Sky” merupakan lagu yang terinspirasi dari perjalanan Bono ke El Savador dan melihat tindak kekejaman para tentara disana terhadap seluruh pejalan kakinya.

Dan tema yang kelam ini terasa banget semenjak intro pertamanya dimulai. Kekelaman semakin terasa dengan cara bernyanyi Bono yang sarat akan storytelling yang mana ketika mendengarnya, langsung membuat kita serasa seperti salah satu pejalan kakinya.

9. Stuck in a Moment (And You Can’t Get Out of) (2001)

Dirilis di album All That You Can’t Leave Behind (2000), lagu ini merupakan sebuah ode Bono terhadap rekan musisinya yang juga sekaligus sahabatnya, Michael Hutchence yang merupakan vokalis INXS yang meninggal dunia akibat bunuh diri.

Lagu ini bisa dikatakan merupakan salah satu lagu U2 yang paling mainstream yang bahkan, yang tidak nge-fans dengan U2 sekalipun, menyukai lagunya. Tapi toh memang enak banget bukan lagunya?

8. Stay (Faraway, So Close!) (1993)

Lagu yang kemudian komposisinya “dicontek” oleh band Indonesia 2000-an, The Fly ini, merupakan lagu yang mengisahkan wanita yang menjadi korban KDRT. Dan dengan komposisinya yang semi-crescendo, membuat alur emosi kita yang mendengar pun juga menjadi gerget sendiri.

Oh ya, jangan lupa juga dengan tarikan vokal Bono yang bisa dikatakan cukup tinggi jangkauan-jangkauan nadanya di lagu ini.

7. I Still Haven’t Found What I’m Looking For (1987)

Memiliki komposisi musik dan lirik berbau gospel / ketuhanan, “Still Havent Found” sama hal-nya seperti dengan lagu-lagu lain di The Joshua Tree, merupakan lagu ssuper sempurna yang pernah diciptakan oleh Bono cs.

Dengarkan juga versi live mereka yang dibantu oleh kelompok gospel gereja, pasti nakalan lebih khusyuk lagi telinga kita ketika mendengarkannya.

6. Hold Me, Thrill Me, Kiss Me, Kill Me (1995)

Mari kita jujur-jujuran saja Chillers. Soundtrack (bukan lagu tema ya!) film superhero 90-an manakah yang paling enak di era-nya tersebut?

Kami rasa banyak dari kita yang akan mengatakan bahwa lagu yang merupakan soundtrack Batman Forever (1995) inilah yang paling enak.

Dan tak mengherankan memang. Pasalnya komposisi musik yang ditampilkan Bono cs di lagunya benar-benar nge-rock nan badass yang alhasi membuat kita menjadi terlupa dengan ke-cringy sekaligus ke-campy an film yang dilakoni oleh Val Kilmer (Top Gun) sebagai Batman-nya.

5. Sometimes You Can’t Make it On Your Own (2004)

Setelah dibuka dengan “Vertigo” yang mengguncang jiwa dan raga serta “Miracle Drug” yang cukup intens, kita pun jadi penasaran apakah album How to Dismantle an Atomic Bomb memiliki nomor balada layaknya “Stay” atau “With or Without You?”

Well pertanyaan tersebut, langsung dijawab di lagu ketiga ini.

Merupakan ode sekaligus permintaan maaf Bono terhadap almarhum ayahnya yang meninggal akibat kanker, lagu ini benar-benar terdengar sangat megah dan menyentuh yang alhasil, bisa dijadikan anthem bagi kita-kita yang sedang berduka cita.

4. Walk On (2001)

Ode untuk pejuang kemanusiaan wanita asal Burma, Aung San Suu Kyi ini, memiliki komposisi yang sangat antemik dan terdengar sangat pas saja untuk menggambarkan situasi Suu Kyi yang kala itu menjadi tahanan rumah politik dari 1989 hingga 2010.

Dengarkan lagu ini sembari menyaksikan adaptasi biopic Suu Kyi yang dibintangi oleh Michelle Yeoh (Tomorrow Never Dies), The Lady (2011), dijamin feel filmnya makin kerasa banget.

3. Running to Stand Still (1987)

Dengan influens country yang kental banget, lagu yang mengisahkan seorang wanita pecandu NARKOBA ini, merupakan salah satu lagu balada U2 yang dikomposisi dengan sangat sempurna.

Selain membangun tensi, “Running to Stand Still” juga terdengar sangat antemik di kedua telinga.

2. Bad (1984)

Merupakan salah satu lagu berdurasi terpanjang di katalog U2, “Bad” merupakan lagu yang memiliki komposisi dan lirik yang sangat tertata rapih.

Dan dengan komposisinya yang sangat membangun tensi, membuat kita yang mendengar pun, seakan sedang berpetualangan bersama Bono cs.

Walau versi studionya enak banget. Tapi tetap saja “Bad” selalu lebih enak apabila ditampilkan dalam format live concert yang mana salah satunya adalah di konser Live Aid 1985.

1. All I Want is You (1989)

Memiliki durasi lebih panjang dari “Bad” atau spesifiknya 6 menit 30 detik, “All I Want is You” memiliki keseluruhan yang sangat megah dan antemik. Dengan kata lain, lagu yang berasal dari “Rattle and Hum” ini merupakan lagu terbaik yang pernah dibuat oleh U2.

Kami tidak bisa menjelaskan secara detail lagi disini. Kebstraksian lagunya membuat kita yang mendengar pun menjadi seru dan khidmat sendiri ketika mendengarkannya.

Langsung saja deh dengar lagunya Chillers. Pasti nanti kamu akan memahami apa yang kami katakan ini. Nah dari 20 lagu U2 ini, yang manakah yang kamu sukai?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here