Tahun 70-an bisa dikatakan adalah dekade eksplorasi awal industri musik. Hampir semua genre-genre musik baru yang fresh muncul di era ini. Dan tentunya, dari masing-masing genre tersebut terdapat grup dan penyanyi yang sukses dengan satu lagu hit-nya.

Nah berikut adalah 25 one-hit wonder yang sangat populer di era terkeren dalam industri musik tersebut.

25Doobbie Brothers – Long Train Runnin’ (1973)

 

Sebenarnya band asal San Jose, California ini memiliki segudang lagu hit. Namun tetap saja ketika mendengar nama grup ini, adalah lagu berirama Rock Funk ini yang langsung terngiang di benak kita.

Tak mengherankan. Pasalnya ‘Long Train Runnin’ memiliki rangkaian irama musik yang sangat toxic dan membuat kita langsung goyang dan senyum sendiri ketika mendengarkannya.

Silahkan saja Chillers coba untuk nyanyikan lagu ini di tempat Karaokean atau sebagai salah satu lagu di penampilan regular kalian tiap malam. Dijamin tempat kalian akan pecah sepecah-pecahnya.

24Bloodrock – A Certain Kind (1971)

Apabila mungkin Chillers belum pernah mendengarkan nama band dan lagu ini, kami paham banget. Memang dibandingkan dengan band-band lain yang eksis di tahun 70-an, band asal Fort Worth, Texas, ini memang tidak besar banget.

Namun apabila kamu bertanya ke ayah, ibu, atau bahkan kakek kalian, pasti mereka akan langsung ikut bernyanyi ria. Karena “A Certain Kind” dan Bloodrock cukup top di eranya. Dan wajar kalau dipikir lagu ini ngetop banget.

Pasalnya, lagu ini memiliki komposisi patah hati yang memang sangat langsung bisa dicerna oleh telinga publik terlebih, kedua telinga publik Indonesia yang memang kerap gampang terhanyut oleh irama-irama lagu balada seperti ini.

23Lynn Anderson – Rose Garden (1970)

Merupakan cover dari lagu hit milik Billie Joe Royal, “Rose Garden” versi Lynn Anderson merupakan cross-over antara sound Pop dan Country.

Dan dikarenakan Anderson keren banget dalam menampilkan lagunya, tak heran apabila lagu ini langsung ngetop banget bahkan, kerap dianggap sebagai salah satu lagu cross-over terbaik sepanjang masa.

22Five Stairsteps – O-o-h Child (1970)

Yap benar banget Chillers. Lagu ini adalah yang dinyanyikan oleh Star-Lord (Chris Pratt) ketika sedang bertarung dengan Ronna the Accuser di film Marvel hit, Guardians of the Galaxy (2014).

Dan tak heran apabila lagu ini dipilih oleh sutradara James Gunn sebagai salah satu soundtrack di filmnya. Lagu berirama Chicago Blues ini memang memiliki irama yang terdengar sangat laid-back banget sehingga, terdengar sangat adem dan menyenangkan di kedua telinga.

21Smokie – Living Next Door to Alice (1976)

Salah satu lagu yang memiliki lirik cinta segitiga super miris di tahun 70-an ini, sebenarnya meruapakan cover dari lagu milik New World yang dirilis 4 tahun sebelumnya.

Walau versi aslinya keren, namun tak dipungkiri adalah cover Smokie inilah yang sukses membuat lagu ini menjadi begitu booming.

Dan hal ini tentunya dikarenakan tarikan vokal Chris Norman yang terdengar serak-serak keren ala Rod Stewart yang alhasil, sukses menghidupkan feel dari lagunya ini.

20Anne Murray – You Needed Me (1978)

Dirilis di salah satu tahun terbaik musik, kami yakin pasti banyak dari Chillers yang pertama kali mendengarkan lagu ini ketika boyband top asal Irlandia, Boyzone menyanyikan ulang lagunya di tahun 1999.

Walau versi “poppy” Boyzone keren banget, tetap saja adalah versi orisinil milik Murray yang jauh terdengar lebih dalam dan keren yang alhasil, membuat lagunya kerap diasosiasikan dengan vokali country ini hingga detik ini.

19The Sugarhill Gang – Rapper’s Delight (1979)

Ketika orang-orang kala itu mendengarkan lagu Rap-Funk ini, banyak yang meyakini kalau karir grup asal New Jersey ini akan meroket banget. Namun ironisnya, “Rapper’s Delight” justru menjadi “penutup” karir dari The Sugarhill Gang.

Pasalnya, walau hingga detik ini masih aktif berkarya, tetap saja lagu-lagu mereka selanjutnya, tidaklah bisa mencapai kesuksesan yang diraih oleh lagu yang versi orisinilnya, berdurasi hampir 15 menit ini.

18Minnie Riperton – Loving You (1975)

Siapa sih yang tidak tahu dengan lagu ini? Rasanya mustahil. Pasalnya lagu milik ibu kandung dari aktris sekaligus komedian Maya Rudolph (Bridesmaid) ini, memiliki satu aspek utama yang membuat lagunya begitu memorable hingga detik ini.

Yap benar sekali. Aspek yang dimaksud adalah “tembakan” suara falsetto Riperton yang super melengking yang hingga detik ini, masih sering ditiru oleh kita-kita tersebut.

17Stealers Wheel – Stuck in the Middle With You (1973)

Apabila saja band ini kala itu tidak merilis “Stuck in the Middle With You”, dijamin banget, kita tidak akan pernah mendengar nama band ini.

Dan tentunya sutradara Quentin Tarantino pun, tidak akan pernah menyertakannya sebagai soundtrack di adegan penyiksaan yang dilakukan oleh Mr. Blonde (Michael Madsen) ke polisi, Marvin Nash (Kirk Baltz) di film ikoniknya, Reservoir Dogs (1992).

16The Guess Who – American Woman (1970)

Jauh sebelum dinyanyikan ulang oleh vokalis sekaligus aktor nyentrik, Lenny Kravitz di tahun 1999, adalah grup Rock asal Kanada inilah yang pertama kali mempopulerkan lagu ini.

Dengan struktur chord-nya yang menggabungkan irama Rock, blues, folk, dan sedikit R&B plus, tarikan vokal Burton Cummings yang super distinctive, tak heran apabila “American Woman” menjadi salah satu lagu nomor classic rock yang begitu abadi dan melekat dengan grup ini hingga saat ini.

15The Buggles – Video Killed the Radio Star (1979)

Walau menjadi salah satu lagu dan video klip jagoan stasiun televisi musik, MTV, ketika diluncurkan di tahun 1981. Faktanya lagu ini, pertama kali dirilis oleh The Buggles di tahun 1979.

Sangat disayangkan, lagu-lagu karya The Buggles selanjutnya, tidak bisa mencapai kesuksesan keren serupa seperti yang diraih oleh “Video Killed the Radio Star”.

14The Boomtown Rats – I Don’t like Mondays (1979)

Lagu yang liriknya didasari oleh peristiwa nyata pembantaian murid-murid SD di daerah San Diego oleh penembak wanita 16 tahun, Brenda Ann Spencer ini, tak dipungkiri merupakan lagu yang akhirnya membuat kita semua menjadi sangat aware dengan sosok vokalis sekaligus humanitarian, Bob Geldof dan band-nya ini.

Apabila kala itu peristiwa pembunuhan tersebut tidak pernah terjadi, otomatis lagu ini tidak akan pernah tercipta, dan kitapun tidak akan pernah mengetahui nama serta tampang dari Geldof.

13Terry Jacks – Seasons in the Sun (1973)

Jauh sebelum kita mendengarkan versi dari boyband asal Irlandia, Westlife, versi Terry Jacks lah yang sangat populer. Namun kalau dipikir agak ironis. Pasalnya, versi Jacks sendiri merupakan versi cover.

Yap bisa dikatakan kita sekarang berada dalam rana “cover-ception”. “Seasons in the Sun” pertama kali dinyanyikan oleh penyanyi asal Belgia,Jacques Brel. Dan ketika  dirilis, lagunya berbahasa Perancis. Judul lagunya sendiri pun adalah: “Le Moribond”.

12Bill Withers – Ain’t No Sunshine (1971)

Kami yakin pasti banyak dari kita yang setidaknya sekali atau dua kali mendengarkan lagu berirama campuran soul dan blues ini. Kami katakan demikian, karena lagu ini memang hit banget ketika dirilis.

Dan tentunya, salah satu aspek yang membuat “Ain’t No Sunshine” begitu hit adalah gaya vokal Withers yang terdengar seperti meracau dengan jangkauan vokalnya yang cukup rendah itu (yap, yang bagian ketika ia mengucapkan “I know, I know, I know” itu).

11Wild Cherry – Play That Funky Music (1976)

Tak dipungkiri bahwa lagu “funky” milik Wild Cherry ini sangatlah booming ketika dirilis. Bahkan saking top-nya, lagu ini kerap dianggap sebagai salah satu lagu pertama yang mempopulerkan genre disko di Amerika Serikat.

Alhasil tentunya, turut mempopulerkan grup ini juga di era-nya kala itu.

10The Knack – My Sharona (1979)

Ketika dirilis, “My Sharona” langsung meroketkan kepopularitasan band Rock asal Los Angeles ini. Tak mengherankan. Lagu ini memiliki intro chord yang sangat catchy binti ikonik di kedua telinga.

Saking kerennya, lagu ini kerap dijadikan soundtrack di berbagai film yang mana salah satunya drama komedi hit 90an, Reality Bites (1994).

9Village People – Y.M.C.A (1978)

Kalau mungkin kamu belum pernah mendengar lagunya, kami yakin setidaknya kamu telah melihat gerakan dansanya yang mana si penarinya merangkai kedua tangannya untuk membentuk huruf Y, M, C, dan A.

Saking booming-nya lagu ini, alhasil pada akhirnya, membuat lagunya menjadi satu-satunya yang diasosiasikan terhadap kelompok musik ini hingga detik ini.

8Mungo Jerry – In the Summertime (1970)

Lagu yang dirilis menjelang akhir 60-an ini, benar-benar memiliki komposisi gabungan yang sangat unik di eranya. Bahkan hingga detik inipun, keunikan komposisi “In the Summertime” ini masihlah sangat terasa relevan di kedua telinga.

Berkat komposisi lagunya yang unik ini, alhasil tak hanya membuat nama grup ini menjadi terkenal di era-nya, namun juga mempopulerkan genre musik baru yang bernama, Skiffle.

7Debby Boone – You Light Up My Life (1977)

Lagu ini sebenarnya awalnya dinyanyikan oleh Kasey Cisyk untuk soundtrack film berjudul sama yang juga dirilis di tahun yang sama pula. Namun kemudian di waktu yang sama, Boone men-cover lagu ini.

Dan gokilnya, justru versi Boone inilah yang jauh lebih populer dari versi orisinil milik Cisyk. Atas kepopulerannya, alhasil lagu ini selamanya melekat pada diri Debby.

Bahkan ketika mendengar penyanyi-penyanyi lain yang juga turut menyanyikan ulang lagunya, seluruh pendengar akan langsung mengatakan bahwa si penyanyi men-cover lagu Debby dan bukannya Kasey.

6Rupert Holmes – Escape (The Pina Colada Song) (1979)

Lagu berirama pop pantai nan nyiur ini, tak dipungkiri sangatlah familiar di telinga. Pasalnya lagu ini sering banget diputar sebagai salah satu soundtrack di film-film berbau komedi.

Selain musiknya yang terdengar riang dan santai, adalah cara menyanyi Holmes yang pada akhirnya, sukses memberikan keunikan tersendiri terhadap lagunya ini.

5Carl Douglas – Kung Fu Fighting (1974)

Tentunya tak perlu panjang lebar kami jelaskan mengapa lagu ini ngetop banget bukan?

Dengan judulnya yang unik plus, menampilkan riff yang terdengar seperti di kebanyakan musik-musik Jepang dan Cina sana, alhasil tak mengherankan apabila one-hit  wonder milik Carl Douglas ini langsung sukses mencuri perhatian kedua telinga kita.

4Blue Swede – Hooked on a Feeling (1974)

Yap terang saja kamu semua langsung greget familiar sendiri dengan lagu ini. Pasalnya “Hooked on a Feeling” versi Blue Swede, dijadikan sebagai soundtrack utama dari film Marvel hit, Guardians of the Galaxy (2014).

Dikatakan “versi”, karena lagu ini sesungguhnya merupakan versi cover. Lagu ini awalnya dinyanyikan oleh B.J. Thomas di tahun 1968. Tapi yap, versi Blue Swede lah yang jauh lebih unik dan keren banget.

3Morris Albert – Feelings (1974)

Tak dipungkiri lagu milik Albert ini, merupakan salah satu lagu love song tersukses sepanjang masa.

Saking super suksesnya, alhasil membuat lagu-lagu Albert selanjutnya, benar-benar terbayangi dan, tidak bisa mencapai kesuksesan yang serupa.

2Nazareth – Love Hurts (1974)

Ketika band asal Skotlandia ini memutuskan untuk menyanyikan ulang lagu hit milik duo country legendaris, The Everly Brothers ini, mungkin tak pernah terpikirkan oleh mereka bahwa hasil gubahan mereka akan benar-benar bisa sukses banget.

Tapi ya seperti kita ketahui, versi Rock balada mereka ini super duper sukses yang alhasil membuat Nazareth hingga detik ini tidak bisa lepas dari cap lagu ini. Pokoknya ketika mendengar nama mereka, lagu inilah yang langsung terngiang di kepala.

1Gloria Gaynor – I Will Survive (1978)

Seperti hal-nya “Can’t Take My Eyes off You” milik Frankie Valli, rasanya gak mungkin banget apabila kita tidak tahu lagu ini. Pasalnya sama seperti “kakak-nya” tersebut, “I Will Survive adalah nomor lantai disko yang sangat hit.

Walau setelah kesuksesan lagu ini Gaynor terus merilis lagu-lagu lain, namun seperti kita ketahui hanyalah lagu “bertahan hidup” inilah yang terus melekat terhadap sosoknya hingga detik ini.

Itulah tadi 25 lagu one-hit wonder top yang dirilis di dekade 70an. Dari 25 lagu yang ada, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here