Bisa dikatakan kebangkitan musik modern yang sesungguhnya adalah di dekade 1950an. Dikatakan demikian karena di era inilah transisi musik Jazz dan Blues klasik standar ke Rock N’ Roll terjadi.

Dan ketika transisi tersebut berhasil, genre ini tidak hanya langsung mendominasi era-nya, namun juga menjadi standar atau bahkan pelopor dari nada-nada musik moderen hingga ke depannya.

Nah untuk menghormati era yang telah memberikan kita Chuck Berry, Buddy Holly, dan tentunya si “Raja”, Elvis Presley, berikut adalah 25 lagu terkeren dari era keemasan musik ini.

Perlu diingat walau era 50an identik dengan Rock N’ Roll, daftar ini juga menyertakan lagu yang ber-genre lain dan, daftar ini bersifat subyektif. Jadi mohon maaf apabila nantinya mungkin daftar ini berseberangan dengan pandangan kalian semua.

25. Jim Reeves – He’ll Have to Go (1950)

Dinyanyikan oleh Reeves dan dirilis di awal tahun 50-an, lagu yang kalau dipahami lagi baik-baik liriknya adalah lagu yang cukup membuat tersenyum ini, tak dipungkiri merupakan salah satu lagu Pop Country yang sangat hit dan bikin “baper” di era-nya.

Ditambah lagi, vokal Reeves yang lumayan rendah ketika menyanyikannya, “He’ll Have to Go”, semakin galau dan gereget kangen saja kita untuk segera bertemu dengan pasangan kita yang sedang nun jauh disana.

24. Sam Cooke – You Send Me (1957)

Tak dipungkiri ketika Cooke merilis lagu ini, banyak pendengar yang terkejut di zamannya. Pasalnya kala itu Cooke dikenal sebagai penyanyi Gospel.

Sehingga wajar banget apabila banyak pendengar yang kala itu kaget dengan kendekadannya untuk menyebrang ke genre yang lebih pop dan lirik lagu yang cinta-cintaan seperti lagu ini.

Akan tetapi, toh selain lagunya ini sukses besar, kenekatan Cooke ini menjadi gerbang pembuka bagi calon-calon musisi soul lainnya kala itu yang salah satunya, adalah si ratu soul, Aretha Franklin, untuk memberanikan diri menyuarakan opininya melalui lantunan suara indahnya. Apabila Franklin adalah ratu soul, maka Cooke adalah rajanya.

23. Screamin’ Jay Hawkins – I Put a Spell On You (1956)

Mungkin ketika mendengar lagunya, kita akan mengerenyitkan dahi dengan “keunikan” Hawkins dalam menyanyikan lagunya yang mana banyak menampilkan nada-nada lucu dan teriak-teriak sendiri.

Namun kalau dipikir lagi, lagu ini memang harus dinyanyikan seperti demikian. Apabila ia menyanyikannya dengan nada “normal dan teratur”, maka makna lagunya akan berubah total.

Well, coba saja kalian dengar dan cerna lagi Chillers. Pasti nanti kalian akan memahami mengapa kami mengatakan demikian.

Namun terlepas cara menyanyinya yang sangat “lucu”, tak dipungkiri bahwa dengan keunikan nyanyian Hawkins tersebut, sukses membuat “I Put a Spell on You”, menjadi salah satu lagu terkeren dan terunik hingga detik ini.

22. Carl Perkins – Blue Suede Shoes (1955)

Yap Chillers. Lagu ini aslinya adalah lagu milik Carl Perkins sebelum di-cover oleh Elvis Presley setahun kemudian.

Terlepas versi Elvis kerap dianggap yang paling keren dan bahkan masih banyak yang mengira bahwa lagu ini adalah lagunya, tetap saja versi Rockabilly murni milik Perkins inilah yang paling jawara.

21. Lloyd Price – Lawdy Miss Clawdy (1952)

Walau sekilas musiknya terdengar seperti musik milik Fats Domino, namun “Lawdy Miss Clawdy” tetaplah terdengar segar dan terdengar sebagai musik milik penyanyi kulit hitam asal Kenner, Louisiana ini.

Judul unik lagunya didapatkan dari seorang DJ di stasiun radio New Orleans kala itu, WBOK, James “Okey Dokey” Smith yang mana, kerap mengucapkan “Lawdy Miss Clawdy” di setiap slogan iklan radio yang ia promosikan di radionya.

Dikarenakan sering mendengar kalimat tersebut, Price pun terinspirasi untuk menjadikannya sebagai judul lagu. Dan faktanya keputusannya tepat banget.

Dan lirik “Lawdy Miss Clawdy” yang diucapkan secara repetitif di sepanjang lagunya, sukses membuat kita senyum simpul dan ikut menyanyikannya dari awal hingga akhir.

20. Fats Domino – Blueberry Hill (1956)

Pantas saja ketika mendengar lagunya, kita mendengarkan sedikit influens sound musik country. Ternyata, “Blueberry Hill” adalah lagu ber-genre country tradisional yang pertama kali dinyanyikan oleh penyanyi country Gene Autry di tahun 1941.

Dan setelah Autry, lagu yang aslinya merupakan soundtrack dari film The Singing Hill (1941) ini, dinyanyikan ulang lagi oleh penyanyi-penyanyi lainnya. Walau demikian, tak dipungkiri adalah versi Domino lah yang paling populer.

Tentunya alasan utamanya adalah dikarenakan versi Domino memiliki sound R & B dan Rock N’ Roll yang sangat bersahabat di telinga siapapun.

19. The Platters – The Great Pretender (1955)

Pasti banyak dari Chillers yang mengira kalau daftar ini akan memuat lagu hit sejuta umat dari grup ini, “Only You”. Oke lagu tersebut memang enak banget. Namun untuk daftar ini kami lebih memilih “The Great Pretender”.

Alasannya adalah selain jauh lebih enak, juga lirik lagu ini benar-benar memiliki makna miris yang sangat dalam. Tak heran apabila 32 tahun kemudian, vokalis Queen, Freddie Mercury, sampai menyanyikan ulang juga lagunya ini.

18. Paul Anka – Diana (1957)

Siapa yang setidaknya sekali dalam seumur hidupnya belum pernah mendengarkan lagu ini? Kami rasa mustahil banget. Karena lagu ini memang hit banget ketika dirilis.

Hal ini dikarenakan “Diana” memiliki lirik cinta gombal simpel dan tentunya intro saksofon yang super ikonik. Dengan kedua atribut keren tersebut, tak mengherankan apabila lagu ini masih begitu diingat hingga detik ini.

17. The Everly Brothers – Bye Bye Love (1957)

Merupakan debut lagu dari Don dan Phil bersaudara, “Bye Bye Love” langsung membuat karir The Everly Brothers langsung meroket.

Komposisi country tradisional yang dibuat keduanya bisa dikatakan langsung “meracuni” siapapun yang mendengarkan lagunya kala itu.

Walau ke depannya duo bersaudara ini merilis lagu-lagu yang tidak kalah hit lainnya, namun tetap debut lagunya inilah yang masih begitu dikenang oleh kita-kita hingga detik ini.

16. Ritchie Valens – Donna (1958)

Walau karir penyanyi keturunan latin ini super singkat (Valens meninggal satu tahun kemudian di kecelakaan pesawat), namun di waktu singkatnya ini, Valens memiliki karir yang sangat sukses.

Tidak hanya ia sukses menggoyang seluruh generasi 50an kala itu dengan cover lagu tradisional latin “La Bamba” (1958), ia juga sukses membuat seluruh wanita jatuh cinta padanya dengan lagu yang ditujukan terhadap gadis incarannya ini kala itu, Donna Ludwig.

Memiliki sound Rock N’ Roll slow yang mendayu, Lagu ini cocok banget didengarkan untuk menenangkan hati kita yang sedang kalut.

15. Julie London – Cry Me a River (1955)

Apabila Chillers fans musik Jazz dan kangen untuk mendengar nomor Jazz standar klasik, tak dipungkiri kamu WAJIB untuk mendengarkan lagu milik Julie London ini.

Suara berat namun smooth London serta tentunya komposisi musiknya yang kalem, tidak hanya membuat kita kangen dengan lagu-lagu Jazz standar seperti ini, namun juga membuat kita merasa sangat tenang dan kalem di hati.

14.  Doris Day – Dream A Little Dream of Me (1957)

Rasanya kita sudah sering mendengar berbagai macam versi dari nomor Jazz standar ini. Dan yap. Masing-masing dari kita pasti memiliki versi favorit. Dan untuk kami, adalah versi Doris Day yang mengena.

Walau versi The Mamas and The Papas di tahun 1960-an juga memiliki aransemen dan suara keren Mama Cass, namun tetap saja versi Doris yang lebih terasa nuansa Jazzy kalemnya.

13.  Muddy Waters – Mannish Boy (1955)

Musik Blues di tahun 1950-an tak dipungkiri kerap dianggap sebagai musik para “budak”.

Walau demikian, tak dipungkiri musik ini memberikan influens besar bagi musisi-musisi di dekade berikutnya seperti The Beatles dan The Rolling Stones.

Dan salah satu lagu yang memberikan influens besar tersebut adalah lagu ikonik milik Waters ini. Salah satu alasannya adalah dikarenakan chord gitar yang dilakukan secara repetitif di sepanjang lagunya. Intinya, “Mannish Boy” tidak hanya merupakan salah satu lagu blues terkeren, namun juga paling influensial sepanjang masa.

12. Jackie Wilson – Reet Petite (1957)

Walau secara garis besar lagu ini lagi-lagi merupakan lagu untuk merayu wanita, namun dengan judulnya yang sangat catchy dan cara bernyanyi Wilson yang sangat unik, alhasil membuat Reet Petite menjadi salah satu lau Rock N’ Roll terunik yang pernah dirilis.

11. The Chordettes – Lolipop (1958)

Siapa bilang vokal grup wanita tidak bisa menyanyikan lagu bernuansa Rock N’ Roll? The Chorodettes sukses banget membuktikannya.

Komposisi Rock N’ Roll nya yang merupakan gabungan dari berbagai genre lainnya seperti R & B, pop, dan Jazz standar plus, paduan koor seluruh anggotanya yang terdengar sangat padu, tak mengherankan apabila “Lolipop” menjadi lagu terharmonis yang pernah diciptakan di dunia ini.

10. Little Anthony and The Imperials – Tears on My Pillow (1958)

Sangat sulit untuk menampilkan sebuah lagu patah hati yang tidak membuat pria terlihat cengeng. Namun “Tears on My Pillow” sukses membuktikannya.

Memang secara garis besar lagu ini masih terdengar cengeng. Tapi setidaknya dengan cara bernyanyi Anthony Gourdine yang terdengar sangat tegar, membuat kita yang mendengarkan lagunya pun juga turut tegar dan menikmati rasa patah hati yang sedang kita alami.

9. The Penguins – Earth Angel (1954)

Walau grup fiksi Marvin Berry & The Starlighters telah menampilkan lagu ini dengan semaksimal mungkin di film Back to the Future (1985), tetap saja adalah grup aslinya inilah yang jauh lebih keren.

Vokal tinggi nan mendayu Cleveland Duncan, sukses membuat lagu ini menjadi salah satu lagu cinta terkeren tidak hanya di era 1950-an, namun juga hingga detik ini.

8. Helen Forrest – Someone to Watch Over Me (1950)

Entah kita masih menyebut judulnya sesuai judulnya atau “Someone who watch over me”, yang jelas dari seluruh versi lagunya yang ada, adalah versi Helen Forrest yang paling “nendang”.

Pasalnya, versi Forrest masih mempertahankan sound klasik orisinil tahun 1920-an nya. Saking kerennya versi ini, sampai-sampai pihak Marvel, menjadikan lagu ini sebagai salah satu soundtrack di serial televisi singkat MCU, Agent Carter.

7. Patti Page – Tennesse Waltz (1950)

Merupakan salah satu nomor country klasik sepanjang masa. Tennesse Waltz merupakan lagu “ditikung” teman yang sangat menyebalkan namun di saat yang sama, sangat nikmat dan adem didengar.

Lagu ini walau terdengar simpel dinyanyikan, namun kenyataannya apabila kita tidak memiliki jangkauan vokal yang mencukupi, jangan harap kita akan sesukses Page dalam menyanyikan lagunya.

6. Patsy Cline – I’ve Loved and Lost Again (1956)

Walau “Walkin’ After Midnight” yang dirilis setahun kemudian adalah yang paling hit dari Cline, namun adalah lagu ini yang paling keren kompoisi sound country nya. Tarikan dan cengkokan Cline pun juga terdengar lebih powerful.

5. Chuck Berry – Johnny B Goode (1958)

Selain Elvis, Chuck Berry juga merupakan sosok yang sangat dominan di era 50-an. Hampir seluruh lagu yang dirilisnya, booming habis-habisan. Termasuk tentunya, lagu ini.

Saking populernya, tidak hanya lagu ini juga sampai dijadikan soundtrack di berbagai film (termasuk lagi-lagi Back to the Future), namun juga sukses menjadi salah satu lagu Rock N’ Roll terbaik sepanjang masa.

4. Connie Francis – Stupid Cupid (1958)

Dengan liriknya yang nakal dan gaya vokal Francis yang sultry, tak mengherankan apabila lagu ini begitu nge-hit ketika dirilis.  Melalui lagu ini, Francis menjadi salah satu vokalis wanita pertama yang kala itu sukses bersaing dengan vokalis-vokalis Rock N’ Roll pria pada era nya.

3. Jerry Lee Lewis – Great Balls of Fire (1957)

Dentingan intro chord piano yang ikonik dan tentunya, tarikan bernyanyi unik Lewis ketika menyanyikan kalimat judul lagu ini, tak ayal langsung mencuri perhatian kedua telinga ketika pertama kali mendengarkan lagunya.

Belum lagi keseluruhan komposisi musik yang ditampilkan pun juga sangat keren nan berapi-api. Sekali lagi, tak heran apabila banyak dari kita yang suka banget dengan lagu ini hingga sekarang.

2. Elvis Presley – Jailhouse Rock (1957)

Tak dipungkiri bahwa ketika kita mendengar kata 50’s, adalah nama dan sosok Raja Rock N’ Roll inilah yang langsung terngiang di benak. Tak mengherankan. Elvis memanglah sangat aktif merilis lagu hit di era ini.

Dan karena lagunya yang sangat banyak dan enak ini, tak ayal kita pun kerap bingung sendiri ketika harus menentukan lagu terkerennya. Namun setelah melalui berbagai pertimbangan, pada akhirnya adalah lagu kontroversial inilah yang kami pilih.

Selain faktor kontroversialnya (goyangan Elvis di video musiknya kala itu dianggap terlalu seksual dan musiknya dianggap sebagai musik setan), lagu ini pada dasarnya memiliki komposisi dan tentunya timing yang sangat keren di seluruh musik Rock N’ Roll.

1. Little Richard – Good Golly, Miss Molly (1958)

Mungkin banyak dari kalian yang bingung mengapa bukan “Jailhouse Rock” yang menempati posisi puncak daftarnya ini. Memang “Jailhouse Rock” adalah lagu yang sangat keren, tapi tetap saja lagu tersebut masih kalah enerjik dari lagu milik “The Wildman of Rock N’ Roll” ini.

Bahkan, dibandingkan dengan lagu-lagu Richard lainny seperti: “Rip it Up”, Tutti Frutti, dan bahkan “Lucile”, tetap “Good Golly Miss Molly” yang dijamin membuat kita langsung ingin berdansa gila-gilaan sendiri di lantai dansa. Tidak percaya? Langsung saja deh didengar Chillers.

Itulah tadi 25 lagu terkeren di tahun 50-an. Dari semuanya, yang manakah yang merupakan favorit kalian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here