Memasuki era 60an, genre Rock N’ Roll mengalami perubahan yang sangat signifikan. Dan hal ini sebagian besar dipengaruhi oleh mulai berjalannya invasi musik-musik Inggris Raya yang salah satunya dipelopori oleh grup legendaris, The Beatles.

Selain itu di era ini, perkembangan industry musik juga dipengaruhi oleh makin banyaknya remaja kala itu yang mulai “berkeksperimen” dengan yang namanya LSD yang menciptakan genre psychedelic di dalam kamus musik.

Dikarenakan generasinya yang sangat “mabok” ini, yuk mari kita simak lagi 25 lagu terkeren yang “ajaibnya” masih bisa lahir dari dekade ini. Seperti yang disebutkan di pembahasaan lagu terkeren dekade 50-an, daftar ini bersifat sangat subyektif.

Jadi jangan kaget apabila terdapat salah satu ada beberapa yang tidak sesuai dengan pandangan kalian.

25. Elvis Presley – In the Ghetto (1969)

Tidak seperti di awal karirnya di era 50-an yang mana lebih banyak menyanyikan lagu yang “cinta-cintaan”, memasuki tahun 60-an dan sebelum akhirnya meninggal di tahun 1977, bisa dikatakan lirik-lirik lagu Elvis jauh lebih menggelitik keadaan sosial sekitar.

Dan lagu yang dirilis di tahun 1969 ini adalah salah satu contohnya. Dikatakan demikian karena lagu ini mengisahkan kenyataan pahit seorang ibu yang telah memiliki banyak anak dan tiba-tiba, mengandung anak lagi.

Mirisnya, ia tidak memiliki kecukupan utnuk memenuhi kebutuhan mereka semua. Alhasil ia pun harus hidup di area “ghetto” di sekitaran Chicago. Berdasarkan dari konten liriknya ini saja, tak heran apabila kami menyertakannya ke dalam daftar ini.

Terlebih lagi pada dasarnya, komposisi musik “In the Ghetto” juga sangat keren dan soulful banget.

24. Scott Mckenzie – San Fransisco (1967)

Menceritakan atau lebih tepatnya memberikan tips dan trik pada kita-kita yang ingin berkunjung ke San Fransico, AS, Komposisi lagu ini sangat terdengar tahun 60-an yang sangat membangun.

Sound-nya yang terdengar sangat klasik, membuat kita langsung ingin ikutan bernyanyi dan bahkan ingin pergi ke San Fransisco di hari itu juga.

 23. The Temptations – My Girl (1964)

Lagu merayu cewek ciptaan Smokey Robinson ini tak dipungkiri merupakan salah satu lagu sejuta umat di dunia ini. Sempat juga dinyanyikan oleh rekan Motown mereka, Otis Redding, adalah versi The Temptations lah yang paling terkenal.

Salah satu faktornya tentu adalah intro chord bass-nya yang dijamin akan langsung dikenal seketika kita mendengarnya.

22. Ben E. King – Stand By Me (1961)

Satu lagi lagu 60-an yang gak mungkin banget kalau kita gak tahu. Pasalnya lagu cinta milik King ini sudah di-cover oleh berbagai penyanyi di dunia ini yang salah satunya adalah John Lennon dan Florence Welch dari grup Florence + The Machine.

Tak heran jika lagu ini begitu ikonik dan masih dinyanyikan. Pasalnya selain lagu ini bisa dimodifikasi ke berbagi genre manapun, pada dasarnya, lagu ini memang fun banget untuk dinyanyikan.

21. Roy Orbison – Crying (1961)

Si solois yang kerap mengenakan kacamata hitam ini memang dikenal melalui lagu “Pretty Woman” yang dirilis 3 tahun kemudian. Namun tetap saja lagu yang dirilis 3 tahun sebelumnya inilah yang bisa dikatakan adalah lagu terbaiknya Orbison.

Gaya vokal Orbison yang sangat dramatis dan penuh falsetto, menjadi salah satu alasan utama yang sukses membuat lagunya terdengar jauh lebih bernyawa daripada “Pretty Woman”.

20. Etta James – I’d Rather Go Blind (1968)

Menurut James, lagu ini merupakan bentuk metafora dirinya yang kala itu akhirnya lepas juga dari kecanduan heroin. Well, apapun itu, yang jelas “I’d Rather Go Blind” merupakan lagu terbaik yang pernah direkamnya.

Lagu ini hingga detik ini, dianggap sebagai standar untuk belajar vokal terlebih, bagi mereka-mereka yang wanita. Bisa menyanyikan lagu ini dengan benar (bukan bagus), maka selamat, kamu memang penyanyi yang handal.

19. Sam Cooke – A Change is Gonna Come (1964)

Yap lagi-lagi Sam Cooke dengan kejeniusan vokal dan liriknya yang sarat akan ekualitas dari fenomena rasis di era tersebut. “A Change is Gonna Come” menampilkan tarikan vokal Cooke yang bisa dikatakan jauh lebih keren nan soulful dari di lagu-lagunya sebelumnya.

18. Patsy Cline – I Fall to Pieces (1961)

Serahkan ke vokalis country wanita legendaris ini untuk membuat lagu patah hati menjadi terdengar enteng dan “colorful”. Dan kerennya di tengah-tengah tersebut, vokal Cline yang khas, tetap menyuntikkan rasa sakit hati itu ke dalam lagunya.

17. Bob Dylan – Like a Rolling Stone (1965)

Menurut Dylan, kalau saja lagu ini tidak pernah eksis, dijamin di dekade berikutnya, orang-orang sudah tidak akan mengetahui namanya lagi. Pasalnya Dylan saat itu merasa sangat lelah dan tak sanggup dengan industri musik.

Alhasil, ia kala itu sudah mempertimbangkan untuk keluar dari bisnis musik. Untungnya di tengah kegalauan tersebut, ia terinspirasi untuk menulis lagu ini yang akhirnya membuatnya menjadi semangat lagi. Well Mr. Dylan, kami sebagai pendengar juga merasa terselamatkan kok.

16. Jefferson Airplane – White Rabbit (1967)

Seperti yang dikatakan di paragraf pembuka, era 60-an adalah dekade dimana seluruh generasi mudanya “asyik” mengkonsumsi LSD. Alhasil, selera musik mereka pun berubah menjadi ke arah yang bisa membuat mereka “tenang” alias psychedelic.

Dan lagu milik Jefferson Airplane ini adalah salah satunya. Tak usah pusing-pusing memikirkan makna liriknya, mereka dijamin langsung merasa super tenang dan damai. Namun bagi mereka yang tidak “memakai” pun, faktanya lagu ini memanglah lagu yang enak dan bahkan, menjadi salah satu pelopor di genre tersebut.

15. The Stooges – I Wanna Be Your Dog (1969)

Walaupun judul dan liriknya cukup kontroversial, namun tak dipungkiri bahwa kalau lagu ini kala itu tidak nge-hit, dijamin karir musik vokalis yang hobi nyanyi tanpa baju, Iggy Pop, tidak akan bisa lanjut hingga sekarang.

Lagu ini juga kerap dianggap sebagai pelopor genre Garage Rock dan juga difavoritkan oleh band-band Rock / alternatif pemula.

14. The Beach Boys – God Only Knows (1966)

Walau “Good Vibrations” adalah yang hit dan kerap dianggap sebagai contoh sempuran dari eksperimentasi musik, adalah nomor balada Brian Wilson inilah yang merupakan lagu terkeren dari rival The Beatles ini.

Bahkan personil Beatles, Paul McCartney, sangat menyukai lagu ini dan bahkan, kerap membuatnya menitikkan air mata ketika mendengarkan lagunya. Menurutnya bahkan ia saja belum tentu bisa membuat lagu cinta cheesy se-brilian seperti lagu ini. WOW!

13. The Doors – Light My Fire (1967)

Walau si vokalis Jim Morrison adalah sosok yang super badung, namun ia tetap merupakan seorang musisi super jenius. Dan nomor yang ditulisnya bersama si gitaris Robby Krieger ini, adalah bukti dari kejeniusan yang dimaksud tersebut.

Dirilis di era musik Rock yang sudah semakin “mabok”, lagu ini memanglah lagu yang tidak hanya ditulis, namun juga digubah musiknya dengan sangat jenius.

12. Jimi Hendrix & The Experience – Voodoo Child (Slight Return) (1968)

Mungkin Chillers kerap mendengar ungkapan dan selalu sedikit tertawa ketika mendengar ungkapan bahwa Jimi Hendrix adalah “dewa gitar”.

Well, apabila kamu masih demikian, silahkan dengarkan lagu ini. Dijamin kalian tidak akan tertawa lagi.

11. Paul Anka – Puppy Love (1960)

Walau dirilis tepat di awal 60-an, uniknya lagu cinta-cintaan remaja jadul ini memiliki sound yang sangat 50-an.

Terlepas demikian, tak dipungkiri bahwa sama hal-nya seperti lagu “Diana” (1957), Anka menyanyikan lagu ini dengan penuh perasaan yang alhasil membuat pendengar juga merasa emosional sendiri (atau bersama pasangannya).

10. Cliff Richard and the Shadows – The Young Ones (1962)

Walau Richard memiliki banyak lagu lain, tetap saja lagu awalnya inilah yang masih identik dengannya hingga detik ini. Lagu yang juga merupakan soundtrack dari film berjudul sama ini, memang memiliki irama “Hawaii-an” yang sangat catchy.

Belum lagi tarikan vokal baritone Richard di lagu ini sangatlah mengharu biru. Tak heran sekali lagi, apabila lagu ini menjadi salah satu lagu yang paling evergreen hingga detik ini.

9. Tom Jones – I’ll Never Fall In Love Again (1967)

Lagu yang sebenarnya berirama sangat country ini, awalnya dinyanyikan oleh penggubahnya sendiri, Lonnie Donegan. Walau versi Lonnie enak, tetap saja adalah ketika di-cover oleh Tom Jones, lagu ini menjadi sangat hit.

Selain suara Tom yang kerennya sangat khas itu, faktor lainnya juga dikarenakan Jones menyanyikannya dengan penuh perasaan.

8. Led Zeppelin – Whole Lotta Love (1969)

Mungkin masih banyak dari kita yang mengira bahwa lagu heavy metal milik Zeppelin ini dirilis di tahun 70-an. “Whole Lotta Love” justru dirilis di akhir 60-an. Ya tidak mengapa Chillers.

Yang penting lagunya ini keren dan sukses menjadi salah satu lagu Rock terbaik yang pernah diproduksi di era-nya.

7. CCR – Born on the Bayou (1969)

Sebenarnya, hampir sebagian besar lagu milik grup yang memiliki kepanjangan, Creedence Cleerwater Revival ini, enak dan enerjik semua. Namun kalau boleh memilih, selain “Travellin’ Band (1970), adalah lagu ini yang paling gokil dari grup gawangan John Fogerty ini

“Born on the Bayou” memiliki komposisi pembangunan tensi awal yang sangat jenius. Selain itu, tarikan vokal Fogerty di lagu ini benar-benar terdengar sangat gahar binti macho.

6. Shocking Blue – Venus (1969)

Sebelum akhirnya di-cover dalam balutan pop-dansa 80an oleh trio Bananarama, adalah versi orisinilnya ini yang mencuri perhatian lebih dulu.

Selain liriknya yang unik, adalah komposisi musiknya yang mencampurkan unsur Folk dan psychedelic yang membuat kita langsung semangat sendiri ketika mendengarkan lagunya.

 5. Janis Joplin – Ball and Chain (1967)

Membicarakan Janis Joplin di tahun 60-an, sama saja seperti membicarakan (alm) Amy Winehouse di era modern ini. Walau memiliki karir yang sangat singkat, namun keduanya sukses meninggalkan influens besar bagi rekan-rekan musisinya.

Dan walau “Piece of My Heart”, “Cry Baby”, menjadi lagu signature dari blues rocker bohemian ini, justru adalah cover dari lagu Big Mama Thornton di tahun yang sama inilah yang sukses menampilkan kegaharan dari sosok Joplin.

Dinyanyikan oleh Joplin di perhelatan Monterey Pop Festival tahun 1967, Joplin sukses menyihir seluruh audiens dengan style cover-nya yang sangat luar biasa dan tidak bisa diungkapkan oleh kata-kata.

4. The Rolling Stones – Gimme Shelter (1969)

Selain memiliki intro chord Keith Richards yang super ikonik, lagu ini bisa dibilang merupakan salah satu lagu yang memiliki lirik yang sangat “mawas situasi sekitar”.

Intinya, secara lirik maupun musik, “Gimme Shelter” adalah lagu The Rolling Stones yang paling dark, depresif, namun tetap seru untuk didengar.

3. The Mamas & The Papas – California Dreamin'(1965)

Komposisi melodik yang super 60-an, paduan vokal yang sangat harmonis, dan lirik yang menampilkan impian untuk tinggal di California. Kurang apalagi?

“California Dreamin” tak dipungkiri merupakan lagu 60-an terkeren yang pernah diproduksi dalam sejarah musik dunia.

2. Fleetwood Mac – Need Your Love So Bad (1968)

Umumnya semua orang mengetahui dan menyukai lagu-lagu milik Stevie Nick cs ini yang “pasarannya” saja seperti: “Go Your Own Way” atau, “Landslide” yang alhasil membuat mereka lupa atau tidak mengetahui akan nomor blues yang dinyanyikan oleh vokalis Peter Green ini.

Sejak intro gitar nya yang super bluesy, tak dipungkiri kita pun langsung seperti dihantar ke dimensi yang jauh lebih tenang dan damai. Dengarkan lagu ini sebelum tidur, dijamin kalian akan memiliki kualitas tidur yang sangat bermutu.

1. The Beatles – Tomorrow Never Knows (1966)

Yep siapa lagi bukan yang pantas menempati posisi pertama kalau bukan grup band yang sukses merubah wajah Rock N’ Roll untuk selama-lamanya ini? Intinya, The Beatles harus di nomor pertama atau setidaknya nomor 2 apabila kita membicarakan lagu terkeren di era 60-an.

Namun untuk daftar ini, bukannya kami ingin “sok beda sendiri”. Tapi dibandingkan dengan “I Want to Hold Your Hand”, “Love Me Do”, dan bahkan “Ticket to Ride”, adalah lagu yang diciptakan oleh John Lennon ketika sedang “high” dengan LSD inilah yang kami pilih.

Pasalnya “Tomorrow Never Knows”, bukan hanya sukses mempopulerkan genre psychedelic, namun juga sukses memperlihatkan sekaligus semakin membuktikan kalau The Beatles memanglah bukan sekedar band Rock N’ Roll berwajah tampan saja.

Di balik kekonyolan dan rayuan-rayuan gombal di lagu-lagu sebelumnya, The Beatles adalah sekumpulan musisi yang memiliki tingkat IQ musik yang tidak kalah dari IQ seorang ilmuwan seperti Einstein. Dan lagu ini adalah salah satu pembuktiannya.

 

Itulah tadi 25 lagu era 60-an yang menurut kami paling keren, dari lagu-lagu ini, yang manakah yang merupakan favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here