Seperti yang Chillers sudah ketahui, sama hal nya seperti yang dilakukan terhadap album Sgt. Pepper’s Lonely Hearts Club Band 2 tahun yang lalu, di tahun 2019 ini, album ke-11 grup legendaris asal Inggris, The Beatles, “Abbey Road” (1969), akan dirilis ulang.

Tentunya sekali lagi sama hal nya seperti Sgt. Pepper’s, perilisan ulang ini dilakukan untuk memperingati hari jadi 50 tahun album ini di tanggal 26 September mendatang.

Nah untuk menyambut perilisan ulang album pre album terakhir mereka, Let It Be (1970) ini, yuk mari kita kilas balik lagi dengan 5 lagu terkeren yang terdapat di albumnya berikut ini.

5. Something

Digubah oleh sang gitaris dan vokalis, George Harrison, “Something” merupakan ode pujian bagi istri pertama Harrison kala itu, Pattie Boyd.

Lagu ini bisa dikatakan satu-satunya lagu bernada dan berlirik romantis di album ini. Dan faktanya memamng “Something” adalah lagu rayuan gombal Harrison yang sangat keren banget.

Bahkan rekan Beatles-nya, John Lennon dan Paul McCartney, menganggap bahwa dari sekian banyak lagu yang digubah oleh anggota Beatles yang paling pendiam ini, “Something” merupakan gubahan Harrison yang paling sempurna. Dan sepertinya kita semua setuju banget bukan?

4. Octopus’s Garden

Seperti kita ketahui, sang drummer, Ringo Starr, bukanlah sosok yang sepuitis McCartney atau se-pemberontak Lennon. Akan tetapi, setiap lagu yang digubahnya, memiliki satu pesan: Senyum kebahagiaan.

Dan bisa dikatakan “Octopus’s Garden” adalah lagu Ringo yang terdengar sangat riang gembira yang mampu membuat kita langsung senyum senang sendiri ketika mendengarnya.

Padahal kalau dipikir, lirik lagu ini justru jauh dari kata keriangan. Pada dasarnya lirik lagunya merupakan bentuk escapism Ringo terhadap konflik band nya ini yang kala itu sedang panas-panasnya.

Dan yap. Bisa dikatakan tidak hanya lagu ini sukses menjadi “terapi” bagi Ringo, kitapun yang mendengar, juga ikut merasa seperti diterapi juga dari segala stres yang sedang dirasakan.

3. Oh! Darling

Hayo mengaku saja deh. Pasti banyak dari kita yang hingga detik ini, memilih lagu ini untuk berkaraoke ria baik sendirian maupun bareng teman.

Tak heran. Pasalnya Oh! Darling memanglah lagu yang sangat menantang namun, keren banget untuk dinyanyikan. McCartney memang pernah mengatakan kalau ia ingin agar lagu ini menampilkan performa suaranya yang benar-benar sempurna.

Atau berdasarkan pernyataannya, ia ingin agar suaranya ketika menyanyikan lagu ini, seperti telah menyanyikan lagunya selama satu minggu atau benar-benar sempurna. Pantas saja lagu ini cukup menantang bukan?

2. I Want You (She’s So Heavy)

Nomor blues Lennon yang didedikasikan terhadap kekasihnya saat itu Yoko Ono. “I Want You” bukan hanya merupakan salah satu lagu blues milik Beatles yang sangat keren, namun juga merupakan lagu terpanjang milik grup ini (oke please jangan anggap Revolution 9 ya!)

Namun walau berdurasi hampir 8 menit, tak dipungkiri dengan komposisi dan timing jenius dari Lennon dan Harrison, membuat kita tidak terasa sama sekali.

Malah yang ada, kita ingin mendengarnya lagi, lagi, dan lagi.

1. Golden Slumbers Trilogy

Oke memang lagu ini di albumnya ditampilkan secara terpisah. Tapi tak dipungkiri bahwa pada dasarnya lagu “Golden Slumbers, Carry That Weight”, dan “The End”, adalah 3 lagu terpisah yang harus digabungkan.

Sehingga dengan pernyataan demikian, maka tak heran apabila kami memutuskan untuk menggabungkan ketiganya yang alhasil, membuat lagunya menjadi satu paduan yang utuh dan mantap.

Dan pernyataan tersebut itu jugalah yang sukses membuktikan bahwa pada dasarnya grup yang dijuluki “The Fab Four” ini, adalah salah satu grup Rock yang paling jenius di luar sana (khususnya McCartney).

Ya bayangkan saja lagi Chillers. 3 lagu yang berbeda judul dan tonal, bisa dipadu padankan dengan mantap begitu saja? Well, hanya sedikit musisi di luar sana yang bisa melakukan apa yang dilakukan oleh McCartney ini.

Tak heran sekali lagi, apabila lagu ini menjadi lagu terbaik di ‘Abbey Road”. Nah dari 5 lagu ini, yang manakah yang merupakan favorit kalian? Atau justru menyukai lagu yang lain?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here