Puzzle atau teka-teki di dalam sebuah video game, memang diciptakan oleh developer game-nya agar bisa menantang kecerdasan kita sebagai pemainnya.

Dan bagi kita-kita yang memang menyukai tantangan, tentunya kehadiran puzzle membuat kita cukup sumringah. Namun terkadang (atau bahkan seringkali), developer memberikan permasalahan puzzle yang sampai membuat otak kita mau meledak sendiri ketika memecahkannya.

Saking sudah sampai mau meledaknya, alhasil kitapun mau tak mau harus “mengorbankan” ego dan bahkan harga diri kita. Alias, kitapun harus menyelesaikan teka-tekinya dengan menggunakan cheat atau melihat walkthrough di majalah atau kanal game di YouTube.

Dan berikut adalah 5 contoh puzzle game yang super sulit tersebut.

5. The Barrel of Doom (Sonic the Hedgehog 3)

Di level yang memiliki lagu tema yang sangat gokil ini (well, Michael Jackson tidak mungkin meramu musik yang buruk bukan?), ketika kita sampai di bagian kedua level-nya, tiba-tiba kita dihadapkan dengan sebuah tong merah putih yang menghalangi.

Dan lebh gilanya, tidak ada jalan ke kiri atau ke kanan untuk meneruskan perjalanan. Intinya, kita harus memecahkan sendiri untuk melewati rintangan tong maut ini.

Tak dipungkiri bagi kita-kita yang ketika kecil memainkan game-nya ini, bisa dikatakan teka-teki ini sangatlah sulit. Apalagi kala itu di tahun 1994 / 1995, situs YouTube belumlah ada sama sekali.

Sehingga mau tak mau kita harus menunggu edisi majalah gaming yang khusus membahas walkthrough game ini. Dan ketika akhirnya membaca solusinya, betapa kesal dan gregetnya kita dengan solusi puzzle-nya yang kalau dipikir secara logis, sangatlah mudah.

Untuk melewati barel ini, kita hanya perlu menekan tombol atas dan bawah berulang kali ketika di atas tong-nya layaknya sebuah pegas (spring). Nantinya kombinasi tombol ini akan membuat tong semakin menyentuh tanah yang alhasil, membuka jalan keluar bagi kita.

4. The Piano (Silent Hill)

Bisa dikatakan inilah puzzle awal tersulit dari game horor terseram sepanjang masa ini. Tapi sebenarnya kalau pemahaman kelogikaan Bahasa Inggris kita benar-benar tanggap, puzzle ini tidaklah sesulit seperti dikira.

Jadi untuk memecahkan puzzle-nya, kita pertama harus membaca selebaran kertas puisi yang terdapat di papan tulis sebelah pianonya.

Hal ini dikarenakan, puisi ini memiliki pesan kriptik yang bisa dijadikan petunjuk atau kunci untuk memecahkan puzzle pianonya.

Namun ya memang sih Chillers. Walau mungkin kita jago dalam menerjemahkan bahkan memahami pesan kriptiknya, tetaps saja puzzle ini sangat sulit untuk dipecahkan dalam satu atau dua kali percobaan.

Alhasil kitapun beralih ke majalah pembahasan walkthrough atau video YouTube untuk memecahkannya. Jadi untuk memecahkan puzzle ini, kita harus menekan kunci piano hitam dan putih yang TIDAK BERBUNYI ketika ditekan.

Dan penekanannya pun harus dilakukan secara berurutan dari kiri ke kanan. Untuk lebih jelasnya, silahkan Chillers saksikan di unggahan videonya.

3. The Zodiac Spear (Final Fantasy XII)

Di seri ke-12 franchise RPG legendaris ini, Zodiac Spear adalah salah stau senjata terkuat yang apabila kita gunakan, akan langsung membuat musuh tewas seketika.

Melihat fakta tersebut, tak mengherankan apabila Square Enix membuat kita bekerja super keras untuk mendapatkannya. Kunci utama untuk mendapatkannya adalah kita di level-level sebelumnya, tidak membuka 4 peti (chest) yang kita temukan di sepanjang perjalanan level demi level-nya.

Spesifiknya 4 peti yang tidak boleh dibuka tersebut berada di kota: Rabanastre, Royal Palace of Rabanastre, Nalbina Dungeons, dan Phon Coast. Untuk spesifikasi letak dan bentuk petinya, langsung kalian cek disini

Intinya sekali lagi, tidak membuka 4 petinya, pasti kita mendapatkan senjata yang sangat menjadi incaran tersebut.

2. The Water Sample (Resident Evil 3: Nemesis)

Bisa dikatakan seumur-umur kita memainkan franchise zombie hit milik Capcom ini, adalah puzzle Water Sample inilah yang paling bikin pusing tujuh keliling.

Memecahkan puzzle ini bisa dikatakan seperti memecahkan soal bangun ruang matematika. Agak berlebihan tapi memang begitulah adanya.

Gol dari puzzle ini sebenarnya adalah untuk mencocokkan hasil akhir balok-balok kuningnya dengan garis-garis yang ada di bagan komputernya.

Terdapat 4 solusi berbeda untuk memecahkan puzzle ini. Hal ini dikarenakan setiap kali kita memulai ulang lagi (melalui file save), kombinasi yang diinginkan juga turut berubah. Dan berikut adalah 4 kombinasi tersebut:

1. Baris A: Geser 4 kali ke kanan, Baris B: Geser 2 kali ke kiri, Baris C: Geser 2 kali ke kiri.

2. Baris A: Geser 1 kali ke kanan, Baris B: Geser 1 kali ke kanan, Baris C: Geser 2 kali ke kiri.

3. Baris A: Geser 1 kali ke kiri, Baris B:Geser 2 kali ke kiri, Baris C: Geser 2 kali ke kanan.

4. Baris A: Geser 1 kali ke kanan, Baris B: Geser 3 kali ke kanan, Baris C: Geser 1 kali ke kiri.

1. The Water Trap (Onimusha: Warlords)

Lagi-lagi puzzle ribet yang dibuat oleh tim franchise Resident Evil, Capcom. Dan lagi-lagi hubungannya dengan air.

Namun, tidak seperti teka-teki Water Sample RE 3 yang setidaknya masih bisa dipecahkan (walau ya mungkin hingga beberapa kali mencoba), puzzle Water Trap di Onimusha: Warlords ini jauh lebih sulit dan menyebalkan.

Hal ini dikarenakan seakan memindahkan potongan-potongan yang ada di pintu kayunya belum ribet banget, di puzzle ini, kita diberikan batas waktu. Apabila hingga batas waktu kita masih belum bisa memecahkan, well kita harus mengulang dari awal lagi.

Pokoknya Chillers saking sulitnya puzzle ini, kamipun sampai masih bingung bagaimana untuk menuliskan pemecahannya. Lebih baik silahkan langsung kalian saksikan sendiri di cuplikan videonya di atas.

 

Nah Chillers. Dari 5 puzzle game ini, manakah yang pernah sampai membuat kalian kesal sampai berbuat curang sendiri untuk memecahkannya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here