Tak dipungkiri kita langsung teriak kegirangan ketika beberapa hari lalu Capcom merilis trailer perdana remake seri ketiga Resident Evil 3: Nemesis. Bagaimana tidak, selain memang tampilan remake-nya keren banget, juga banyak sekali kenangan masa kecil yang langsung timbul di benak ketika menyaksikannya.

Wajar saja, pasalnya RE 3 memanglah merupakan game Playstation 1 paling hit di eranya. Walau demikian, kami yakin pastinya banyak dari kita-kita yang walau “rajin” memainkan game-nya, namun faktanya terdapat beberapa aspek dari game ini yang masih kurang familiar di diri kita.

Oleh karenanya, mari kita familiarkan diri dengan menyimak bahasan 7 fakta keren dan unik dari seri RE yang mempopulerkan zombie sangar, Nemesis ini.

1. Berlatar 24 Jam Sebelum dan Setelah Resident Evil 2

Mungkin ketika Chillers menyaksikan trailer remake RE 3 lalu, kamu merasa bingung dengan adegan pembuka yang memperlihatkan seklumit mata jagoan Resident Evil 2 (yang versi remake juga) Leon S. Kennedy dan salah satu villain-nya, Tyrant aka Mr. X.’

Semakin bingung ketika adegannya juga memperlihatkan hitungan mundur 24 jam. Well, jangan bingung-bingung Chillers. Karena RE 3 berlatar 24 jam sebelum RE 2 dan setelah RE 2 usai.

Spesifiknya, kejadian RE 3 terjadi pada tanggal 28 September 1998 dan RE 2, 29 September 1998. Jadi, adalah si jagoan wanita badass Jill Valentine lah yang pertama kali kembali ke Racoon City untuk memberantas seluruh zombie dan Umbrella-nya.

Dan ketika seluruh kota dibumi hanguskan di akhir ending RE 3, Leon dan Claire sudah kabur duluan dari kotanya beberapa jam sebelumnya.

Oleh karenanya, tidaklah mengherankan jika terdapat lokasi di dan karakter di RE 2 yang kita temui lagi di Nemesis (baca: Kantor Polisi dan Pilot S.T.A.R.S Brad Vickers).

 

2. Desain Nemesis Sebenarnya untuk Tyrant di RE 2

Salah satu faktor utama mengapa sosok Nemesis sukses menjadi salah satu villain game paling ikonik adalah dikarenakan tampilannya yang sangat ikonik itu.

Namun tahukah kamu? Bahwa sesungguhnya tampilan Nemesis yang ngetop itu awalnya diperuntukkan bagi villain RE 2, Tyrant 02 atau yang dikenal juga dengan nama Mr. X.

Akan tetapi setelah dipertimbang-timbangakan kembali, niat tersebut dibatalkan. Alhasil Capcom pun menggantikan tampilan sosoknya seperti yang kita lihat selama 2 dekade terakhir. Well, keputusan yang tepat banget Capcom!

3. Shinji Mikami Tidak Suka Dengan Status Game Ketiga

Kreator franchise Resident Evil, Shinji Mikami, sebenarnya tidak suka dan bahkan tidak menganggap RE 3 sebagai seri ketiga dari game-nya.

Menurutnya dikarenakan latar kisahnya yang hampir satu waktu dengan RE 2 dan masih berlatar di Racoon City, game ini lebih cocok diberikan judul Resident Evil 1.5 atau Resident Evil 1.9.

Menurutnya, Resident Evil: Code: Veronica (2000) yang dirillis di Sega Dreamcast adalah game ketiga sesungguhnya dari franchise ini. Hal ini dikarenakan plot game Veronica sudah jauh lebih maju alias, sudah tidak berkutat di sekitar Racoon City dan S.T.A.R.S lagi.

Walau masuk akal, pada akhirnya pihak Capcom menolak usulan Mikami ini dengan alasan bahwa game ini khusus dikembangkan untuk console Playstation 1 (PSX).

Dan mengingat sebelumnya sudah ada Resident Evil (1996) dan Resident Evil 2 (1998) di rilisan PSX nya, maka lebih masuk akal jika game inilah yang dianggap sebagai game ketiganya.

4. Merupakan Game RE Terakhir di Playstation 1

Secara teknis, game Resident Evil terakhir yang dirilis di console Playstation 1 (PSX) adalah game spin-off. Resident Evil: Gun Survivor (2000).

Namun memang, kalau dilihat dari sisi lini utama seri RE, maka Resident Evil 3: Nemesis lah yang menjadi game terakhir yang dirilis di console sejuta umat tersebut.

Walau kala itu bagi beberapa dari kita hal ini sangat disayangkan, namun di saat yang sama, kita juga sangat menyadari kalau memang sudah saatnya bagi seri ini kala itu, bertransisi ke console-console lebih canggih selanjutnya (baca: Dreamcast dan Playstation 2 ).

5. RE Pertama dengan Karakter Jagoan Tunggal

Di dua Resident Evil sebelumnya, kita diberikan pilihan. Spesifiknya di RE 1, kita bisa memilih apakah ingin mengenakan Jill atau Chris Redfield. Di RE 2, kita bisa memilih apakah ingin memainkan skenario Leon terlebih dahulu atau Claire terlebih dahulu.

Nah di RE 3, hal ini tidak bisa dilakukan sama sekali. Kita hanya bisa memainkan 1 karakter saja alias Jill. Kalaupun berganti ke Carlos Oliveira di tengah permainan, kitapun juga hanya bisa memainkannya saja.

Dengan kata lain sekali lagi ketika kita memainkan game-nya, tidak ada karakter NPC (Non-Playable Character) yang akan membantu. Barulah ketika Resident Evil 5 (2009) dirilis, kita memiliki pendamping lagi.

6. Dimanakah Chris Redfield?

Salah satu karakter veteran RE yang memiliki kaitan erat baik dengan Resident Evil 2 maupun game ketiganya ini, tak lain dan tak bukan adalah Chris Redfield.

Dikatakan demikian karena Chris adalah kakak kandung dari Claire Redfield yang mana, sang kakak menjadi motif utama Claire mengunjungi Racoon City di RE 2 (baca: ingin mencari tahu keberadaan Chris pasca peristiwa di Resident Evil 1).

Sedangkan keterkaitannya dengan Jill tentunya adalah dikarenakan keduanya adalah partner di Resident Evil 1 yang mana nanti, keduanya menjalin hubungan percintaan singkat satu sama lain.

Namun terlepas memiliki koneksi yang sangat dekat tersebut (terutama pada Claire), sayang sosoknay tidak muncul di RE 3. Lalu, dimana dan apa yang dilakukan oleh Chris ketika event game ini berlangsung?

Ternyata sama hal-nya dengan Jill, Chris juga sedang memerangi musuh bebuyutan bersama, Umbrella Corporation. Bedanya, jika Jill memeranginya di Racoon City, maka Chris memeranginya di daerah Eropa. Dan usaha pemerangannya di Eropa tersebut terus berlanjut hingga di Resident Evil 6 (2013).

7. Memiliki Dua Ending

Yap benar sekali Chillers. Faktanya, Resident Evil 3: Nemesis memiliki 2 ending, Pertama, adalah rekan Jill di Resident Evil 1, Barry Burton yang menyelamatkan Jill untuk kabur dari Racoon City via helikopter.

Dan kedua, metode serupa namun Carlos lah yang menyelamatkan Jill. Dari keduanya kebanyakan dari kita pastinya lebih sering tamat dengan ending yang kedua. Namun apabila Chillers telah atau sering tamat dengan ending pertama, well, keren banget!

Itulah tadi sekiranya 7 fakta unik dari Resident Evil 3: Nemesis. Dari 7 ini, yang manakah yang merupakan fakta keren favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here