7 Game Klasik Ikonik yang Harus Di-remake di Konsol Modern

Kurang lebih dua tahun terakhir, industri Video Game sedang dilanda demam remake game-game klasik kenangan masa kecil. Shadow of the Colossus, Ratchet & Clank, Crash Team Racing (CTR), Spyro the Dragon, dan tentunya Resident Evil 2, menjadi beberapa game klasik yang telah dibuatkan versi remake-nya.

Walau judul-judul yang sudah di-remake di atas adalah judul-judul yang sesuai seperti keinginan kita, tetap saja terdapat segudang judul klasik favorit lainnya yang juga kita ingin lihat versi remake-nya.

Dan berikut adalah 7 judul game klasik nan ikonik lainnya yang menurut kami, juga harus dibuatkan versi remake-nya di console super moderen saat ini.

7. Syphon Filter (1999)

Hayo Chillers, masih ingat tidak dengan game action mata-mata milik Eidetic ini? Pasti masih ingat dong. Pasalnya semenjak dirilis di bulan Februari 1999, game yang mempopulerkan karakter Gabe Logan dan Lian Xing ini langsung meroket habis-habisan.

Selain memiliki plot kisah kompleks layaknya sebagian besar film mata-mata Hollywood, Syphon Filter juga memiliki sistem gameplay yang sangat nyaman dikendalikan yang alhasil sekali lagi, membuat game ini begitu mengasyikan untuk dimainkan.

Dengan alasan tersebut dan fakta bahwa game ini telah menelurkan 6 judul, rasanya tidak ada alasan lagi bagi game ini untuk tidak dibuatkan versi remake-nya.

6. Final Fantasy VIII (1999)

Final Fantasy VII tak dipungkiri merupakan seri FF yang menjadi favorit seluruh gamer. Oleh karenanya tak heran apabila game yang mempopulerkan sosok Cloud Strife tersebut kini sedang dibuat versi remake Playstation 4 nya.

Walau kabar tersebut merupakan kabar keren yang telah diidam-idamkan fans, namun kalau dipikir lagi, sebenarnya game kedelapan franchise RPG top ini, Final Fantasy VIII juga harus dibuat versi remake moderen-nya.

Alasannya simpel banget. GRAFIS. Yap dibandingkan ketujuh seri sebelumnya, tampilan grafis FMV (Full Motion Video) FF 8 di zamannya terlihat keren dan gokil banget. Padahal seperti yang kita ketahui, tampilan grafisnya menggunakan engine yang digunakan untuk console Playstation 1!

Jadi ya coba Chillers bayangkan saja. Kalau di Playstation 1 saja tampilan grafis 3D halusnya sudah sekeren itu, bagaimana jadinya kalau tampilan grafisnya di-konversi dengan menggunakan engine grafis Playstation 4 dan Xbox One? Dijamin akan lebih gokil pangkat 3 tampilannya. Selain itu juga, yeah, game ini juga populer banget di kalangan fans, Jadi tunggu apalagi?

5. Onimusha 3: Demon Siege (2004)

Bagi Chillers yang fans berat franchise zombie-samurai ini, pastinya sudah mengetahui kalau re-master game pertama franchise Onimusha, Onimusha: Warlords (2001), sudah dirilis di berbagai console moderen saat ini pada bulan di bulan Januari 2019 lalu.

Namun simak lagi kata-katanya, RE-MASTER. Jadi versi yang dirilis masih merupakan game versi orisinil Playstation 2 yang hanya “diperhalus” lagi tampilannya. Walau hal tersebut bagus, tetap saja kita masih berharap banget agar game-nya dibuatkan versi remake moderen totalnya.

Terlebih kita tentunya ingin banget seri ketiganya, Onimusha 3: Demon Siege, juga turut di-remake. Alasnnya? Simpel. Onimusha 3: Demon Siege memiliki kisah yang unik dan keren (menggunakan konsep time portal) dan juga gameplay yang seru banget.

Dan yep, kami juga ingin melihat tampilan rancangan ulang wajah para monster Genma itu dan tentunya, kami ingin agar wajah anak buah Nobunaga Oda tersebut terlihat jauh lebih seram dan intimidatif lagi daripada sebelumnya.

4. Medal of Honor (1999)

Dengan kepopuleran franchise Call of Duty dan Battlefield yang sangat tinggi selama satu dekade terakhir, tak mengherankan apabila banyak gamer terutama yang generasi ‘zaman now’, lupa total dengan franchise game perang klasik ini.

Pasalnya apabila franchise Medal of Honor tidak pernah diproduksi, dapat dipastikan kedua franchise rival tersebut juga tidak akan pernah eksis sama sekali. Selain alasan pengenalan ulang, bagi kita-kita yang fans lama, pastinya juga ingin memainkan kembali game-nya dengan tampilan grafis yang lebih keren lagi bukan?

Ya terkecuali kalau memang kita masih betah berperang melawan Nazi dengan tampilan tembok, pintu dan wajah musuh yang “kotak-kotak” itu, maka ya sepertinya tidak ada alasan bagi Medal of Honor untuk dibuatkan remake-nya.

3. Dino Crisis (1999)

Game milik Capcom, developer franchise game zombie hit, Resident Evil, juga sama hit-nya seperti “saudaranya” tersebut. Malah bisa dikatakan bahwa Dino Crisis esensinya adalah Resident Evil dengan dinosaurus.

Selain permainannya sama mengasyikan seperti Resident Evil, ketegangan dan kontrolnya pun juga sama asyiknya yang alhasil sekali lagi membuat game-nya menjadi favorit seluruh gamer. Oh ya hampir ketinggalan, tampilan dinosaurus nya kala itu juga terlihat sangar dan intimidatif.

Namun se-intimidatif nya tampilan T-Rex cs, tetap saja akan jauh lebih sangar apabila penampilannya menggunakan engine grafis console saat ini. Dijamin deh kita bakal keluar keringat basah kuyup sendiri ketika dino-dino tersebut meraum keras ke set televisi LCD / LED kita saat ini.

2. Silent Hill (1999)

Semenjak dirilis perdana di tahun 1999, banyak gamer yang kaget dan takjub sendiri dengan Silent Hill. Pasalnya, siapa yang mengira kalau Konami yang notabene sangat jarang memproduksi game survival horror, bisa menciptakan game semengerikan dan “se-sakit” ini?

Belum lagi sama hal-nya seperti Final Fantasy VIII, tampilan cut scene FMV-nya memiliki kualitas tampilan 3-D yang sangat melampaui batasan kapasitas grafis Playstation 1 saat itu. Nah, kalau kita saja sudah terpipis-pipis sendiri memainkannya dulu, bagaimana jadinya kalau kita memainkan versi remake moderen-nya saat ini?

Bagaimanapun reaksi kita ketika memainkannya nanti, yang jelas sekali lagi Silent Hill adalah salah satu game klasik horor favorit yang wajib banget untuk di-remake.

1. Resident Evil 3: Nemesis (1999)

Jelas bukan? Resident Evil 1 sudah di-remake (walau di-remake di Game Cube), Resident Evil 2 juga sudah. Jadi layaknya seperti urutan matematis pada umumnya, setelah 1 dan 2, tentunya sehabis itu 3 bukan?

Namun bukan hanya karena alasan matematis komyol tersebut saja alasannya. Seperti kita ketahui, Resident Evil 3: Nemesis juga sama populernya seperti Resident Evil 2. Bahkan bisa dikatakan, kepopulerannya jauh lebih tinggi terutama, bagi seluruh gamer di Indonesia.

Oleh karenanya, tak mengherankan apabila seluruh fans dan awam, hingga detik ini masih terus aktif berdoa dan mengkampanyekan di berbagai platform agar Capcom juga berkeinginan untuk memproduksi remake Resident Evil 3. Kalau memang nanti di-remake, kami sudah bisa bayangkan bagaimana nantinya reaksi kita ketika melihat tampilan terbaru dari sosok Nemesis. Bakal ngeri banget Jack!

 

Itulah tadi 7 video game klasik ikonik selanjutnya yang harus dibuatkan versi remake konsol modern nya saat ini. Apakah Chillers setuju dengan 7 pilihan ini?

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here