Seperti kita ketahui, pada tahun 2004 silam pihak Sony mengejutkan banyak gamer dengan langkah mereka yang kala itu merilis console jenis handheld perdana mereka, Playstation Portable (PSP).

Dikatakan demikian dikarenakan semenjak berkecimpung di bisnis video game di tahun 90-an, Sony lebih sering merilis console (baca: Sony Playstation). Melihat langkah tersebut, wajar jika kala itu banyak orang yang merasa skeptis banget.

Namun keskeptisan tersebut akhirnya terbungkam dengan PSP yang sukses terjual hampir 80 juta unit yang alhasil, membuat handheld ini sukses memecahkan rekor sebagai console ke-10 dengan penjualan terbaik.

 

 

Dengan kesuksesan yang didapatkan PSP tersebut, tak mengherankan jika 7 tahun kemudian, Sony merilis lagi varian serupa dengan nama Playstation Vita. Walau secara angka penjualan PS Vita masih kalah jauh dari PSP (baca: 15 juta unit), bisa dikatakan handheld ini masih populer di kalangan gamer.

Sayang setelah merilis Vita, Sony tidak merilis-rilis lagi varian-varian console handheld lainnya. Bahkan, di tahun 2018, pihak Sony secara resmi menghentikan total produksi console Vita-nya.

Melihat hal ini, tak pelak banyak gamer yang merasa penasaran apakah Sony pada dasarnya masih ingin memproduksi console handheld lagi? Beberapa waktu lalu, Game Informer memberikan pertanyaan ini ke CEO dan Presiden Sony, Jim Ryan. Dan Ryan pun memberikan tanggapan yang cukup mengejutkan.

Ryan mengatakan bahwa PS Vita adalah console handheld terakhir yang akan diproduksi oleh Sony. Sehingga yap chillers. Kita sebaiknya tidak usah lelah-lelah untuk menunggu varian handheld mereka yang berikutnya.

Adapun alasan Ryan cs memutuskan untuk tidak memproduksi handheld lagi adalah dikarenakan tren industri video game dalam 6 tahun belakangan yang memang didominasi oleh console daripada handheld. Dan tentunya langkah ini sangatlah tepat diambil oleh Ryan dan tim.

Untuk apa kita memproduksi sebuah produk yang notabene sudah tidak populer di kalangan konsumen. Yang ada kita malah akan mendapatkan “buntung” alih-alih untung. Namun itu pendapat kami. Kalau pendapat Chillers sendiri bagaimana nih?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here