Kalau kita masih menganggap serangan hacker terhadap server komputer Sony di tahun 2014 yang menyebabkan bocornya beberapa proyek Sony (yang salah satunya adalah film penuh The Interview) adalah kasus kebocoran yang paling parah, sepertinya kini kalian harus merubah pandangan tersebut.

Pasalnya beberapa waktu lalu, terjadi insiden kebocoran yang jauh lebih gila dan berbahaya dari sekedar kebobolan bocor film. Spesifiknya, server Entertainment Software Association (ESA) kebobolan parah yang alhasil membuat data pribadi sensitif dari hampir seluruh jurnalis media yang meliput event Electronic Entertainment Expo (E3) 2019, bocor ke publik.

Berdasarkan data yang diperoleh VideoGamer, sekitar 2000 orang yang terdiri dari jurnalis video game, kreator konten YouTube, dan analis Wall Street terdaftar, bocor alamat rumah dan nomor telepon pribadinya.

Dan yang lebih parah menurut jurnalis video game independen Sophia Narwitz, data-data tersebut bisa dilihat langsung lembaran spreadsheet-nya di situs resmi E3. GOKIL !

Alhasil tak mengherankan apabila banyak jurnalis video game (terutama yang menjadi korban) yang menuangkan kekecewaan dan kekesalannya terhadap kecerobohan yang dilakukan oleh pihak E3 ini yang mana, bisa Chilllers simak sendiri berikut ini.

Seketika insiden yang tak menguntungkan ini terjadi, ESA yang bertanggung jawab sebagai pemberi undangan dan kartu tanda pengenal pers (press badges) terhadap mereka-mereka yang diundang baik sebagai tamu atau meliput event E3 2019, mau tak mau langsung turun tangan untuk menghilangkan lembaran data spreadsheet tersebut.

Walau tindakan mereka sudah sangat terlambat, ya setidaknya kini data-data pribadi tersebut sudah tidak ada lagi sama sekali. Akan tetapi, dengan adanya peristiwa ini, tak dipungkiri tingkat kepercayaan dan keamanan seluruh pihak media dan tamu-tamu yang data-datanya telah terdaftar di ESA, kini menjadi sangat berkurang.

Semestinya sebagai pihak yang menaungi, ESA bisa jauh lebih memperketat keamanan data-data pribadi pihak-pihak medianya dan yang lainnya. Mari kita berharap saja semoga kejadian ini ke depannya tidak akan terulang lagi. Sekarang, bagaimana nih pendapat Chillers dengan kabar tidak menguntungkan ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here