Bagi Chillers yang mungkin masih awam, istilah Cartridge di dunia Video Game mengacu pada media untuk memainkan game di console-nya. Dan cartridge sangatlah booming di console 90-an seperti Nintendo, SEGA, dan Super Nintendo.

Yap benar banget guys. Kalau orang kita bilangnya, “kaset SEGA”, “kaset Nintendo”. Dan melalui “kaset” itulah gamer-gamer console tersebut memainkan rilisan-rilisan gamenya.

Barulah ketika SEGA CD dan Sony Playstation (PS1 / PSX) diluncurkan, cartridge diganti dengan compact disc (CD). Dan kini dengan semakin modern-nya teknologi video game, media permainan dikemas dalam DVD dan Blu-Ray Disc. Walau demikian, faktanya lumayan banyak gamer yang kangen banget dengan sistem cartridge tersebut.

Dan sepertinya pihak Sony jugalah menyadari hal tersebut. Hal ini dikarenakan menurut rumor yang beredar baru-baru ini, game-game di console teranyar Sony, Playstation 5 (PS5), nantinya akan menerapkan sistem cartridge untuk pertama kalinya.

Wah serius nih? Sepertinya memang demikian. Dan laporannya pertama kali dilaporkan oleh LetsGoDigital yang mana kemudian diunggah kembali melalui akun resmi Twitter mereka berikut ini.

Apabila Chillers masih menganggap bahwa kabar ini baru sekedar rumor atau bahakn HOAX, sebaiknya kamu hilangkan pikiran tersebut. Karena berdasarkan sumber tersebut, pihak Sony Interactive Entertainment faktanya, telah sukses mendaftarkan hak paten yang mana patennya berbunyi: “Game Cartridge”.

Dan patennya ini telah didaftarkan di Instituto Nacional de Propriedade Industrial (INPI) di Brazil. Tempat pengsisian hak tersebut bisa dikatakan sebagai badan hak paten atau hak intelektual resmi di Brazil. Jadi sekali lagi, sangat mustahil apabila pendaftaran ini bersifat hoax.

Tampilan desain cartridge yang kamu lihat tersebut, menurut kabar dirancang oleh Pengarah Seni Gaming Senior di Sony Interactive Entertainment, Yujin Morisawa.

Walau kabar ini terasa legit, namun hingga tulisan ini diunggah, pihak Sony belum mengkonfirmasikan lagi secara pasti apakah PS 5 nantinya memang menggunakan cartridge untuk memainkan game-gamenya.

Terlebih seperti kita ketahui, console yang sedianya akan dirilis di bulan Desember 2020 ini, tetap akan menggunakan Blu-Ray untk memainkan game-game nya. Oleh karenanya, marilah kita tunggu lagi saja update-update berikutnya.

Apakah Chillers setuju kalau PS5 nantinya menggunakan cartridge untuk memainkan game-game nya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here