Sony masih saja berjaya lewat konsol permainannya selama ini. Lewat konsol PlayStation 4, Sony kembali menorehkan catatan positif, yakni menjadi konsol terlaris kedua sepanjang masa. Pada pertengahan 2019 atau sekitar Juni lalu, Sony tercatat menjual 100 juta unit konsol PlayStation 4. Kemudian angka tersebut mengalami penambahan sebanyak 2,8 juta unit pada kuartal ketiga ini. Artinya jika dikalkulasikan, Sony telah berhasil menjual sebanyak 102,8 juta unit PlayStation 4 sejak dirilis pada 2013 lalu. Angka penjualan ini melampaui Nintendo Wii yang terjual sebanyak 101,6 juta unit dan konsol legendaris Sony PlayStation 1, yang terjual sebanyak 102,5 juta unit sepanjang masa.

Dikutip dari Kompas dan The Next Web, dengan demikian ada tiga PlayStation yang menduduki jajaran tiga besar konsol terlaris sepanjang masa. Peringkat pertama masih diduduki oleh PlayStation 2, kemudian disusul PlayStation 4, dan ketiga PlayStation 1. Angka penjualan PlayStation 4 saat ini memang masih terpaut cukup jauh dengan PlayStation 2. Konsol PS2 masih tetap mencatat rekor penjualan terbaik yakni 150 juta unit selama masa pemasarannya. Beberapa bulan lalu, Daniel Ahmad, seorang analis senior yang berasal dari firma Niko Partners, membandingkan penjualan konsol PS4 dan PS2. Ia mengatakan PS4 berhasil mencapai angka penjualan 100 juta unit lebih cepat daripada PS2.

Sony kini masih punya waktu untuk membalap rekor penjualan PS2 dengan PS4, sebelum kehadiran generasi penerus PS4 (sebut saja PS5) yang disinyalir bakal meluncur akhir 2020 mendatang. Berdasarkan rumor yang beredar, PS5 bakal hadir dengan sejumlah fitur-fitur andalan, seperti dukungan game dengan resolusi 8K hingga dukungan game-game konsol lawas. Kendati begitu, belum jelas kapan Sony akan menghadirkan konsol game PS5 ini sebagai generasi baru konsol andalannya. Kita tunggu saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here