Tak dipungkiri semenjak game pertamanya, Resident Evil dirilis di tahun 1996, franchise game action-zombie ini, langsung sukses merubah baik wajah genre horor maupun action.

Selain dikarenakan plot kisahnya yang keren, gameplay dari game zombie ini juga sangat mengasyikan, bahkan adiktif untuk dimainkan. Alhasil tak mengherankan jika game ini sampai sukses menelurkan 7 (tujuh) seri utama serta beberapa spin-off nya.

Nah dikarenakan kita masih dalam euforia perilisan trailer perdana remake Resident Evil 3: Nemesis, yuk mari kita ranking ulang lagi, 8 (delapan) seri utama game-nya dari kurang horor sampai yang horor banget. Perlu diingat, daftar ini bersifat subyektif belaka.

8. Resident Evil 6 (2012)

Sebenarnya seperti yang telah kami ungkapkan di pembahasan sebelumnya, seri ke-6 ini bukanlah game yang buruk. Selain memiliki kualitas game action yang mumpuni, RE 6 juga memiliki inter-connected plot mengasyikan layaknya seperti film Babel (2006) atau Contagion (2011).

Walau demikian, memang apabila dinilai dari sisi keseluruhan franchise game RE, RE 6 memanglah yang terlemah. Pasalnya dengan aspek action-nya yang pol polan, alhasil “merusak” konsep orisinil franchise-nya yaitu: Survival Horror.

Yang mana pada akhirnya, membuat fans yang memainkan game-nya bagaikan seperti memainkan mode zombie dari game ber-genre action atau shooting seperti contohnya, Call of Duty.

7. Resident Evil 5 (2009)

Tak dipungkiri adalah seri kelimanya inilah yang menanamkan embrio awal dari RE 6. Yap, RE 5 adalah game Resident Evil pertama yang lebih mengedepankan sisi aksinya daripada horornya.

Namun tidak seperti RE 6 yang hampir 100% mengedepankan sisi action-nya, Setidaknya dengan latar lokasinya yang di Kijuju, Afrika, seluruh zombie-nya masih terlihat sangat menyeramkan.

Terlebih, RE 5 juga menampilkan sosok musuh bertubuh besar yang sangat menyebalkan itu AKA, Executioner Majini.

6. Resident Evil 0 (2002)

Atau dikenal juga dengan “Resident Evil Zero”, game yang dirilis di console Nintendo GameCube ini, merupakan prekuel dari game Resident Evil orisinil yang dirilis di PSX.

Plot kisahnya menampilkan perjuangan anggota Bravo Team S.T.A.R.S Rebecca Chambers yang terdampar di sisi Arklay Mountain (beberapa meter dari Spencer Mansion yang merupakan lokasi RE 1).

Bersama seorang krimil, Billy Coen, keduanya pun berpetualang untuk memecahkan misteri wabah T-Virus beserta konspirasinya dengan perusahaan Umbrella Corporation. Dan ketika dirilis, game ini langsung hit.

Wajar saja. Selain memiliki tampilan grafis yang oke, RE 0 memperkenalkan teknik “zapping” antara dua karakternya tersebut yang alhasil, memudahkan laju gameplay yang ada terutama, ketika memecahkan teka-teki (puzzle).

5. Resident Evil 1 (1996)

Game yang memulai semuanya. Tanpa game ini pastinya, franchise ini tidak akan terus hidup hingga detik ini. Terinspirasi dari game horor awal si pengembang, Capcom, Sweet Home (1989) dan sedikit influens dari pionir survival horror, Alone in the Dark (1992), kombinasi keduanya, membuahkan Resident Evil.

Dan seperti yang dikatakan di pembuka, tidak mengherankan jika game pertamanya ini langsung booming.

Selain memiliki plot kisah yang keren layaknya film horor Hollywood, gameplay game ini sukses mengintegrasikan horor zombie dan action shooting dengan sangat padu.

Oh ya datu hal lagi yang tidak kalah penting, Resident Evil bisa dikatakan merupakan salah satu game modern pertama yang memperkenalkan konsep puzzle solving yang sangat menantang otak kita yang alhasil, menjadi ciri khas franchise-nya hingga detik ini.

4. Resident Evil 4 (2005)

Resident Evil 4 bisa dikatakan adalah awal ketertarikan Capcom untuk juga mengedepankan sisi action di dalam franchise-nya sebelum akhirnya, disempurnakan oleh RE 5 dan RE 6.

Dan kerennya lagi, eksperimentasi mereka berjalan mulus alias disukai banget oleh seluruh fans. Hal ini dikarenakan tidak hanya aspek horornya yang masih dominan, namun juga dikarenakan sisi mekanikal gameplay-nya yang sukses merevolusi genre third person shooter.

Dikatakan demikian karena memang RE 4 lah yang pertama kali memperkenalkan sistem titik bidik akurat yang disorot dari angle bahu penembaknya yang mana di kasus ini, adalah sisi bahu dari jagoan utamanya, Leon S. Kennedy.

3. Resident Evil VII: Biohazard (2017)

Sakit jiwa. Ya mungkin itulah 2 kata yang tepat untuk mendeskripsikan game ke-7 RE ini. Bagaimana tidak?

Untuk pertama kalinya di lini seri utamanya (Resident Evil: Gun Survivor tidak dianggap), tidak hanya franchise ini dirilis di console Playstation 4 (PS 4) yang notabene memiliki tampilan grafis yang super realistis, namun game-nya juga ditampilkan dalam format first-person shooter.

Alhasil 2 kombinasi maut tersebut, sukses membuat siapapun yang memainkan, akan langsung sport jantung tiada henti-hentinya. To be fair, apabila saja game-nya dikemas dalam sudut pandang ketiga (third person) seperti seri-seri RE terdahulu, dipastikan tingkat keseraman RE 7 akanlah biasa biasa saja.

Tapi sekali lagi, Resident Evil VII: Biohazard tak dipungkiri merupakan nomor terseram nan tergokil dari seluruh lini seri utamanya sejauh ini. Semoga saja nantinya Resident Evil 8 bisa melakukan yang sama atau bahkan melampauinya.

2. Resident Evil 3: Nemesis (1999)

Dan inilah seri yang menjadi latar ide utama dari daftar ini. Setelah kesuksesan 2 game sebelumnya tak heran jika banyak fans yang merasa penasaran apakah seri ketiganya masih bisa memuaskan.

Dan terbukti, Resident Evil 3: Nemesis masih sukses banget dalam melakukannya.

Hal ini tentunya dikarenakan game-nya makin menyempurnakan feel jump-scare horornya, action-nya, dan tentunya storyline bersambungnya dengan Resident Evil 2 yang tentunya membuat kita-kita geeking out habis-habisan ketika memainkannya.

Tentunya, jangan lupakan juga sosok villain besar nan mengerikannya, Nemesis yang membuat kita selalu cemas sendiri ketika memainkan game-nya. Banyak fans yang sangat berharap agar versi remake game-nya yang akan dirilis tanggal 3 April 2020 mendatang, bisa jauh lebih mengerikan dari veris orisinilnya.

Well, apabila dilihat dari cuplikan trailer-nya yang dirilis beberapa waktu lalu, bisa dipastikan game-nya akan bisa mewujudkan keinginan fans tersebut.

1. Resident Evil 2 (1998)

Pada akhirnya apabila kita ingin membicarakan game Resident Evil manakah yang dikatakan paling terbaik, maka tak dipungkiri adalah sekuel Resident Evil (1996) ini jawabannya.

Mengapa? Simpel. Selain memiliki gameplay yang lebih smooth dan panjang, adalah RE 2 yang pertama kali memperkenalkan konsep kisah berkait (interconnected storyline) di franchise ini.

Kala itu untuk memainkannya, kita bisa memilih apakah ingin memainkan dulu skenario Leon (A) atau ingin yang Claire Redfield terlebih dahulu alias, skenario B. Kedua naskah ini dipisahkan melalui 2 disc terpisah. Dan konsep ketersambungan kisah tersebut, nantinya kian disempurnakan di seri-seri selanjutnya terutama, Resident Evil 6.

Sekarang dari 8 game RE utama ini, manakah yang merupakan favorit Chillers?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here