Hanya dengan sedikit persiapan, dan juga sedikit kejutan – akan menjaga Chillers agar tidak menjadi pribadi yang suaranya tidak ingin didengar di karaoke

Apakah Chillers gemar pergi ke karaoke bersama rekan-rekan? Bagi yang suka melakukannya pasti setidaknya pernah merasakan suasana canggung di bilik karaoke. Yakni, saat seseorang dengan penuh keyakinan memilih sebuah lagu, namun begitu lirik lagu mulai terpampang, setiap orang langsung menyadari bahwa yang bersangkutan melakukan pilihan lagu yang salah. Tidak ingat bahwa lagu yang dipilih bukan hanya sekadar satu chorus panjang, namun tiap baitnya ternyata memiliki untaian nada yang rumit, suara yang harus dicapai di luar jangkauan, atau suara mereka terlambat masuk menyanyikannya dan akhirnya gagal untuk menyelesaikan lagu itu secara utuh.

Dalam hal berkaraoke, ada batasan yang jelas antara eksperimen menyenangkan dan bencana performa awal akan memicu rasa pede untuk menjajal lagu-lagu sulit yang bisa membuat semua orang terkejut, atau menjadikan minder untuk menyanyi lagi di sepanjang sesi. Tujuan karaoke memang untuk bersenang-senang dan tidak perlu malu jika suara kita buruk saat menyanyi, karena sejatinya kita bukanlah penyanyi profesional. Namun, tetap saja ada tingkatan “harap maklum” yang harus dipenuhi agar setidaknya performa Chillers tidak sampai “menyiksa batin” rekan-rekan menyanyi. Nah, apa saja trik agar suasana canggung itu bisa dihindari?

Pilih satu atau dua lagu yang sudah dikuasai benar

Apapun lagu lain yang dipilih untuk dinyanyikan, ada baiknya selalu menyiapkan sedikitnya satu atau dua lagu yang memang sudah dikuasai. Luangkan waktu sejenak untuk menyiapkannya sehingga Chillers tidak akan pernah panik saat mendapat giliran atau didaulat untuk menyanyi. Atau jika performa awal Chillers tidak berakhir baik, ini bisa dijadikan jurus ampuh meningkatkan kembali rasa percaya diri Chillers yang tadinya drop.

Belajar mengenali perangkap saat berkaraoke

Tidak jarang saat memilih lagu karaoke, faktor penentunya adalah untuk menghidupkan suasana. Ada chorus yang kita ingin semua rekan karaoke ikut menyanyikannya, dan kemudian kita pilih tanpa menyadari bahwa kita semua tidak tahu bagaimana keseluruhan lagu tersebut. Jadi, sebelum memilih lagu, pikir dahulu: Apakah lagu tersebut memiliki intro panjang atau solo gitar di tengah-tengahnya yang membuat si penyanyi harus menunggu lama kemunculan liriknya? Apakah Chillers menguasai untaian nada di tiap baitnya? Apakah seluruh bagian paruh akhir lagu itu hanya merupakan ulangan reff berkali-kali yang bisa membuat orang lain bosan dan menunggu kapan selesainya? Apakah Chillers bisa merapal rap? Kenali seluruh aspek ini, jangan sampai yang lain tidak menyadari effort Chillers atau bahwa lagu yang dipilih sebenarnya punya tingkat kesulitan tinggi.

Pastikan Chillers bisa terdengar pas menyanyikannya

Sudah merupakan hal yang lumrah bahwa Chillers tidak perlu suara merdu untuk tampil bagus di karaoke. Yang terpenting adalah seberapa besar Chillers mampu menambah tingkat kegembiraan, energi, atau drama ke dalam penampilan Chillers? Akan tetapi jika suara Chillers fals atau tidak pas, dijamin Chillers akan sulit memfokuskan diri untuk tampil dramatis. Kenali benar warna dan jangkauan nada. Berlatih kecil-kecilan di kamar mandi dan mencoba batas tinggi dan rendah suara Chillers akan membantu hal tersebut. Hindari memilih lagu yang di luar kemampuan suara. Satu hal lagi, perhitungkan juga cara memegang dan jarak mik dari mulut Chillers agar suara terdengar stabil.

Buatlah kejutan …tapi jangan terlalu aneh

Saat memilih lagu yang akan dijadikan Chillers lagu andalan, ingat selalu bahwa kebanyakan orang akan mudah terhanyut dengan lagu yang sudah mereka kenal. Memilih lagu yang familier adalah strategi jitu untuk membuat suasana bertambah “panas dan hidup”, namun harap diingat juga ada lagu hits sejuta umat yang juga sebaiknya dihindari untuk dinyanyikan, Chillers pasti tahu apa saja lagu-lagu yang dimaksud. Ingat, guilty pleasure menyenangkan, namun jangan yang terlalu sudah dikenal.

Kenali pasukan karaoke

Selalu ingat setiap grup karaoke selalu mempunyai kecenderungan berbeda. Ada yang lebih suka menyanyikan lagu—lagu hits yang sedang menempati jajaran atas tangga lagu dunia, ada yang lebih suka lagu-lagu lawas dan lagu nostalgia era 1980an, ada yang khusus menyanyikan lagu asal tanah air, Top 40, dangdut, dan lain sebagainya. Jika Chillers sedang bersama pasukan yang sudah membuat Chillers nyaman, silakan pilih lagu apapun yang ingin Chillers nyanyikan, namun jika ini Chillers belum pernah atau jarang menyanyi bersama, pilihlah lagu-lagu aman dulu atau pelajari situasi. Ingat semboyan G.I.Joe, “Knowledge is the half of battle”, pelajari dulu corak musik apa yang disukai rombongan ini. Apakah mereka terlalu muda untuk sebuah lagu hits lawas, atau terlalu kolot untuk mendengarkan lagu hits masa kini? Jangan sampai Chillers merasa berada di luar kelompok.

Nikmati lagu yang dinyanyikan

Apapun lagu yang dipilih, pastikan bahwa Chillers memang menyukai lagu tersebut, bukan sekadar karena mudah dinyanyikan atau karena itu pasti disukai banyak orang. Istilah lebaynya, yakinlah Chillers punya keterikatan emosional pada lagu tersebut, baik itu mengingatkan pada suatu momen, liriknya punya makna makjleb dengan situasi yang sedang dialami, lagu itu masuk daftar favorit pribadi, atau pendeknya lagu tersebut punya posisi penting di diri. Karena, jika saat menyanyikannya Chillers tidak menikmatinya, sudah tentu orang lain juga tidak. Jika lagu itu akan dijadikan pilihan, pastikan lagu itu sering didengarkan. Karena saat terjadi momen seseorang yang sedang menyanyi terdiam karena tidak ingat dengan nada yang harus dinyanyikan, itu yang mematikan suasana. Jadi, pilihlah lagu yang memang sudah Chillers sukai, mudah-mudahan hal itu lebih jarang terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here