Dua tahun setelah album terakhir mereka, pada tanggal 6 November kemarin grup K-pop Super Junior merilis album kedelapan mereka yang bertajuk Play. Dua lagu yang dijagokan dalam album ini adalah lagu balada melankolis berjudul “One More Chance” dan lagu dance berjudul “Black Suit”.

Sebagai bagian dari ajang promosi albumnya, video klip “One More Chance” telah wara wiri seminggu sebelum Play dirilis tepat di tanggal 31 Oktober kemarin. Lagu ini merupakan lagu yang diciptakan dan diaransemen oleh Donghae dan Eunhyuk membuat komposisi rap-nya.

Sedangkan video klip “Black Suit” diluncurkan bertepatan dengan dirilisnya Play. Album yang berisi 10 lagu ini merupakan album pertama Super Junior setelah album Devil yang dirilis sekaligus untuk merayakan 10 tahun berdirinya Super Junior pada tahun 2015.

Meski beberapa anggota mereka tidak dapat ikut serta dalam proses pembuatan dan promosi album terbaru mereka ini, namun melalui lagu “Black Suit”, Super Junior membuktikan bahwa mereka tetap merupakan grup K-pop yang unggul. Lagu “Black Suit” terasa dinamis dan menyenangkan untuk dinikmati. Dalam lagu tersebut terasa jelas nuansa electro swing khas Super Junior.

Tambahan lagi, lagu “Black Suit” juga dilengkapi dengan video klip yang sangat komikal yang lagi-lagi merupakan ciri khas Super Junior. Dalam video klip tersebut, anggota Super Junior berperan sebagai staf dan tamu dalam sebuah acara lelang yang melelang sebuah “Black Suit”. Kericuhan kemudian terjadi saat “Black Suit” yang dilelang hilang tercuri. Kombinasi lagu dan video klip tersebut merupakan salah satu pesona Super Junior yang terasa sangat menghibur sekaligus bakal membuat Chillers ketagihan mendengar lagunya.

Di tengah persaingan hebat yang terjadi antara grup K-pop dalam industri musik, grup yang telah berusia 12 tahun ini terlihat makin matang dalam berkreasi. Bukan berarti Super Junior tidak memiliki masalah sama sekali. Grup yang sekarang beranggotakan 11 orang ini tidak dapat melakukan promosi album dengan personil yang lengkap. Tiga orang berhalangan karena masalah pribadi, sedangkan dua orang berhalangan karena sedang melakukan wajib militer.

Hasilnya, hanya 6 orang anggota Super Junior yang akan melakukan promo album terbaru ini. Mereka adalah Leeteuk, Heechul, Yesung, Donghae, Shindong, dan Eunhyuk. Bagaimanapun, vokal Kyuhyun dan Siwon masih dapat didengar dalam album ini. Meski Kyuhyun sedang sibuk melakukan wajib militer dan Siwon tidak dapat muncul karena permasalahan kematian seorang tetangga yang digigit oleh anjing peliharaannya. Selain itu, cedera yang dialami oleh Heechul akibat kecelakaan yang telah terjadi beberapa tahun yang lalu, membuatnya tidak dapat ikut berpartisipasi dalam koreografi dance album Play ini.

Tidak ikut sertanya beberapa anggota Super Junior, bukan berarti album Play dapat diremehkan. Play merupakan salah satu album Super Junior yang terasa sangat vibrant dan dipenuhi dengan nuansa optimis. Dipenuhi dengan beberapa lagu yang penuh dengan semangat, dalam album ini juga terdapat beberapa lagu balada yang menyejukkan hati. Lagu terakhir dalam album ini berjudul “I Do”, berisikan lirik yang menjawab lagu yang dirilis Super Junior pada tahun 2007, “Marry U”.

Berikut track list album Play:

  1. Black Suit
  2. Scene Stealer
  3. One More Chance
  4. Good Day for a Good Day
  5. Runaway
  6. The Lucky Ones
  7. Pretty show (Girlfriend)
  8. Spin Up!
  9. Hour Car (Too late)
  10. I do (Second confession)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here