Rasanya hampir semua dari kita pernah memiliki console Sony Playstation. Dan rasanya juga, kita semua menyebut tombol “X” di controller-nya dengan sebutan “eks” atau “ex”. Karena ya memang tombol tersebut adalah tanda silang alias huruf X.

Namun faktanya, keyakinan pengucapan kita tersebut selama ini salah besar Chillers! Jadi berdasarkan unggahan tweet yang diunggah oleh akun Twitter Playstation UK bebeberapa waktu yang lalu, terungkap bahwa tombol X bukan dibaca seperti yang kita baca selama ini.

Melainkan tombol tersebut harus dibaca “Cross”. Yap mungkin agak weird nan ngelenyeh. Namun faktanya memanglah demikian Chillers. Butuh argumen yang lebih meyakinkan, langsung saja kamu meluncur ke halaman artikel pembahasan controller dual shock milik Wikipedia berikut ini.

Nah kalau kamu arahkan mouse kalian ke logo “X” di foto data-data controller-nya, tulisan “cross” langsung terpampang dengan jelas. Melihat fakta ini, pengguna Twitter bernama Arby langsung memberikan tanggapan yang membuat senyum sendiri.

Ia mengatakan bahwa penyebutan resmi tersebut, membuat Sony Playstation terlihat bagaikan seorang Polisi Lalu Lintas atau polisi pada umumnya. Karena seperti kita tahu “X” disebut “cross” umumnya hanya disebutkan oleh mereka-mereka. Cringe, konyol, tapi mirisnya ada benarnya juga.

Walau kita kini sudah mengetahui pengucapan resminya, bukan berarti kita lantas harus langsung merubahnya begitu saja. Kalau memang lebih nyaman menyebutnya “eks”, ya sebut saja “eks”. Lagipula ini hanya merupakan keresmian yang bersifat teknis saja. Jadi silahkan sebut seenak kalian saja Chillers oke?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here