Umumnya apabila ada band atau penyanyi yang menyanyikan lagu hit milik kita, rasa senang dan bangga akan langsung terasa di dalam diri.

Setelah lelah-lelah membanting tenaga dan pikiran untuk membuat karyanya, tentunya rasa lelah tersebut sangat terbayarkan dengan apresiasi yang ditunjukkan oleh rekan musisi tersebut. Akan tetapi ironisnya, hal ini tidak dirasakan sama sekali oleh band alternatif legendaris 90-an, The Cranberries.

Jadi berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh drummer Fergal Lawler dengan ABC New Radio di awal Januari ini, ia dan band-nya merasa tidak senang dengan cover lagu hit mereka, “Zombie” yang dibawakan oleh band asal Inggris Bad Wolves.

Mengapa demikian? Sebelum mengetahui jawabannya, yuk kita dengar dulu versi cover yang dimaksud tersebut berikut ini.

Ya kalau didengar “Zombie” versi cover Bad Wolves tersebut keren dan terpenting, masih menghormati sound dan feel lagu yang aslinya dirilis di tahun 1994 tersebut. Lalu apa yang menyebabkan band-nya tidak menyukai versi daur ulangnya ini?

Ternyata hal ini dikarenakan faktor timing-nya yang dianggap terlalu berdekatan dengan kematian vokalis Cranberries, Dolores O’ Riordan. Lawler mengatakan apa yang dilakukan oleh Lawler ini merupakan tindakan yang tidak peka (insensitif).

Gitaris Niel Hogan pun, juga mengeluarkan pernyataan serupa ketika ditanyakan hal yang sama oleh Blabbermouth. Hmmm, kalau dilihat dan ditelaah, 50-50 banget kasus ini.

Maksudnya disini, apa yang dikatakan dan dirasakan oleh kedua rekan band-nya tersebut ada benarnya juga. Namun di saat yang sama, cover yang dilakukan oleh Bad Wolves ini tidaklah sepenuhnya tidak pas juga timing-nya.

Buktinya, banyak juga bukan musisi cover YouTube di luar sana yang juga langsung mengunggah video cover tribute yang berjarak hanya beberapa hari bahkan tepat di hari si vokalis aslinya meninggal?

Namnya juga tribute. Dan yang terpenting, cover-nya juga tetap terdengar keren bukan? Lagipula kalau ingin membicarakan timing, Dolores meninggal pada tanggal 15 Januari 2018 sedangkan, Bad Wolves mengunggah video cover Zombie-nya, tanggal 22 Februari 2018 alias, sudah berjarak satu bulan lebih.

Lebih jauhnya seperti yang dilansir dari NME, seluruh keuntungan yang didapatkan dari video cover-nya, menurut Bad Wolves, akan disumbangkan ke ketiga anak Dolores. Kurang apalagi coba tuh Chillers?

Namun itu pandangan kami. Bagaimana pandangan atau tanggapan kamu akan hal ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here