Di berbagai negara di belahan dunia ini, tak dipungkiri memiliki lokasi atau obyek wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawannya. Tentunya hal ini dimaksudkan agar memberikan nilai plus tersendiri di mata mereka.

Namun di saat yang sama, ironisnya justru terdapat juga lokasi-lokasi pariwisata yang walau memiliki tampilan sangat indah, namun kita dilarang untuk mengunjunginya.

Dan berikut adalah 5 lokasi wisata terlarang yang dimaksud tersebut.

1Ilha da Queimada Grande/Snake Island (Brazil)

Sesuai namanya, pulau yang berada di Samudra Atlantik ini memang terlihat indah, namun sayangnya sebagian besar pulau dengan luas 43 hektar ini didiami oleh ular-ular yang termasuk golongan sangat berbahaya.

Menurut data, setiap kita berjalan 5 meter di pulau ini, pasti kita akan bertemu dengan seekor ular. Oleh karenanya tidaklah mengherankan sekali lagi, apabila tempat ini sangat dilarang untuk dikunjungi wisatawan.

Yang boleh diizinkan mengunjungi pulau ini adalah biologis atau peneliti yang memang sedang melakukan studi belajarnya. Itupun jumlahnya sangat dibatasi.

2North Sentinel Island (Teluk Bengal, India)

Walau pulaunya sangat kecil dan indah (dengan luas hampir 60 km2), namun selain lokasinya sangat sulit diakses oleh kendaraan bermotor (harus menggunakan helikopter), penduduk yang mendiami pulau ini juga sangatlah berbahaya.

Mereka yang juga bisa dikatakan sebagai “suku” ini, tidak menyukai adanya kehadiran orang luar. Apabila ada, mereka akan langsung menyerang orang yang datang tersebut dengan panah mereka!

Jadi yeah Chillers, sebaiknya silang betul-betul lokasi ini dari tempat wisata impian kalian.

3Lascaux Caves (Perancis)

Walau lokasi dengan luas 34,34 hektar yang berada dekat Montignac, Perancis ini telah diberikan cap sebagai salah satu peninggalan bersejarah dunia, ironisnya lokasi ini tidak bisa dikunjungi oleh publik sejak tahun 2008.

Pasalnya di tahun tersebut pernah terjadi bencana penyakit jamur besar-besaran yang menjangkiti seluruh pengunjungnya. Tentunya agar tidak menjadi berkelanjutan, pemerintah Perancis pun resmi melarang orang-orang untuk mengunjungi tempatnya.

4Poveglia, Italia

Sedikit berbeda dengan lokasi-lokasi yang ada di daftar ini, pulau yang terletak antara Venezia dan Lido di Lagoon Venezia di Italia ini pada dasarnya adalah pulau pribadi (private island) dan tidak sepenuhnya dilarang untuk dikunjungi.

Bahkan, pemerintah Italia membolehkan siapapun yang ingin menyewa pulau ini untuk beberapa waktu. Lalu mengapa lokasi ini selalu sepi dan bahkan terkadang diperingatkan oleh pemerintah Itali untuk berhat-hati apabila kita sedang mengunjunginya?

Sederhana saja, pulau ini merupakan salah satu pulau yang terkenal sebagai yang paling angker di dunia. Menurut kabar, pulau ini masih “didiami” oleh arwah penasaran dari pasien-pasien sakit jiwa dan penyakit berbahaya yang pernah dirawat di pulau ini bertahun-tahun yang lalu.

Hmmm rasanya tempat ini cocok banget bagi kita yang ingin melakukan “uji nyali” nih!

5Svalbard Global Seed Vault (Norwegia)

Berlokasi hanya 1300 kilometer dari Kutub Utara, yakni di pulau Spitsbergen tak dipungkiri lokasi ini merupakan lokasi yang memiliki tampilan yang keren dan futuristik banget. Sayang, lokasi ini tidak bisa dikunjungi oleh sembarang orang.

Memangnya lokasi apa sih ini? Lokasi ini merupakan tempat penyimpanan sekaligus pelestarian berbagai macam benih-benih tanaman yang ada di dunia ini.

Gedung lemari penyimpanan ini dibangun sebagai langkah preventif kalau-kalau saja nantinya, terdapat bencana alam besar yang menghancurkan seluruh tanaman-tanaman hidup di dunia ini.

Brankas benih tanaman ini juga menyimpan benih-benih tanaman super langka di dalamnya. Melihat betapa vitalnya lokasi ini, tak heran sekali lagi apabila lokasi ini off-limit dari wisatawan.

Hanya pekerja-pekerja di gedung ini saja yang diperbolehkan keluar masuk untuk men-cek dan merawat seluruh tanamannya.

 

Itulah tadi 5 lokasi wisata indah yang sayangnya dikarenakan alasan spesifik, dilarang untuk dikunjungi oleh para wisatawan. Bagaimana nih pendapatnya setelah membaca 5 fakta unik ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here