‘Clovia Restaurant’ Sajikan Ragam Menu Nusantara dengan Rasa Teruji

0
99

Sebagai salah satu tempat keramaian yang terkenal sejak jaman kolonial, jalan Sabang memang menyajikan segala keperluan sehari-hari dan sangat ramai dikunjungi. Begitu pula dengan Hotel Sabang yang dahulu pernah berdiri di ujung jalan ini. Namun kini, reruntuhannya telah berganti nama menjadi Hotel Mercure Sabang yang baru-baru ini membuka restorannya dengan nama ‘Clovia Restaurant’.

Dengan tema Kolonial Betawi yang kental, restoran ini didominasi furnitur bergaya modern, dengan hiasan foto-foto hitam putih yang menggambarkan suasana Jakarta Tempo dulu. Rak-rak kayu juga bingkai kosong dengan ornament floral sebagai sentralnya memang menyajikan kehangatan saat kita bersantap di restoran ini.

Dalam santap siang yang disajikan Clovia, sebagai appetizer hadir tiga menu starter yang menggugah selera, yakni Beef Enchiladas Nachos, Black Pepper Potato, dan Three in One Clovia Pizza. Beef Enchiladas Nachos terdiri dari keripik tortilla renyah dengan campuran daging cincang, keju mozarella, guacamole dan salsa.

Lalu, untuk pizzanya sendiri menggunakan pinggiran tipis dan renyah ala Marzano, dengan isian jamur, keju, dan daging cincang yang ketiga isisannya terbagi dalam satu loyang besar dengan potongan seragam.

Nah sebagai juaranya, Black Pepper Potato yang merupakan kentang wedges panggang yang disiram dengan saus lada hitam yang dikaramelisasi, sehingga bertekstur manis pedas dengan tekstur sedikit kental.

Untuk main course-nya, dua menu unggulan sekaligus datang yakni Bebek khas Bali dan Sop Buntut Sabang. Kedua hidangan ini dimasak dengan teknik sous vide yang dimasak dengan temperatur rendah dalam waktu minimal enam jam. Sehingga daging bebek yang disajikan terasa lembut dikunyah dan empuk, bumbunya pun meresap hingga ke dalam. Begitu pula dengan kulitnya yang masih terasa renyah di luar. Daging bebek berwarna tekstur kemerahan tersaji cantik ketika dipotong dengan pisau dan mudah sekali diiris dengan sentuhan ringan. Kondimen sambal matah dan rempeyek kacang dihadirkan sebagai pelengkapnya. Truly delicious and one of the best in town!

Sebagai signature dish, Sop Buntut Sabang juga sangat empuk. Menu legendaris Hotel Sabang yang coba dihidupkan kembali oleh Hotel Mercure ini memang terasa prima. Kuahnya sangat segar, lengkap dengan potongan kentang, wortel, tomat, dan potongan buntut sapi yang relatif besar. Memang saat dicoba, tendangan rempahnya masih belum terasa, namun kehangatan khas Sop Buntut ini dengan sandingan sambal cabe ijo-nya mampu dinikmati sepenuh hati.

Satu lagi menu utamanya sempat dicoba yakni Nasi Goreng Clovia. Sebagai menu yang menjadi keseharian masyarakat Indonesia, nasi goreng memang mempunyai tempat tersendiri. Dan sajian kali ini, terasa ekstensif, dengan gagrak nasi goreng kampung dan jejak kencur terasa di lidah. Porsinya pun cukup masif, dilengkapi telor setengah matang dan dua udang bakar berukuran cukup besar, potongan kering kentang memanjang hadir dengan sedikit kondimen acar dan kerupuk sebagai pelengkapnya.

Untuk hidangan penutup hadir tiga menu spesial yakni Es Pisang Ijo, Clovia Signature Ice Cream Puff, dan Oishii Baked Cheese Tart. Ketiga dessert tersebut disajikan dengan rasa manis yang pas dengan porsi yang tidak terlalu besar.

Sajian pertama hadir Clovia Signature Ice Cream Puff, dua sendok es krim, coklat dan strawberry disajikan di atas kulit pastry yang renyah, dilengkapi cone terbalik berisi es krim vanilla, dengan guyuran saus coklat dan aneka permen, membuat dessert ini penuh warna dan ringan disantap.

Es Pisang Ijo khas Makassar hadir dengan porsi kecil, namun irisan pisang dibalut kulit tepung kehijauan lembut, yang disiram saus santan, irisan nangka dan sirup pisang susu. Tekstur manis dan gurih langsung terasa, rasanya pas dan tidak terlalu manis.

Sebagai favorit yang hadir terakhir adalah Oishii Baked Cheese Tart. Krim keju bercita rasa asam dengan hint gurih dan asin lumer di mulut. Kualitas keju terbaik memang terasa sekali di sini. Yang agak disayangkan adalah kulit tart yang agak sedikit keras saat dipotong, walaupun isiannya sendiri sangat lembut dan lumer di mulut.

Menu main course dan dessert di Restoran Clovia di Hotel Mercure Sabang dapat Chillers nikmati dengan harga mulai dari Rp 125 ribu++ hingga Rp 280 ribu++. Di restoran berkapasitas kurang lebih 135 kursi dan dilengkapi dengan smoking area, tempat ini sangat pantas menjadi pilihan kamu untuk bersantai sambil menikmati kuliner yang sudah teruji matang dan tentunya dengan harga relatif terjangkau.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here