‘The I Beijing Opera’ Kolaborasi Budaya Indonesia dan Tiongkok

0
54

Sebagai bentuk apresiasi kebudayaan terbaik di dunia, Meikarta menggelar pertunjukan ‘The I Beijing Opera’ oleh Chu Lanlan, seniman yang sangat berbakat dan terkenal dari Tiongkok, di Avenue of The Star, Lippo Mall Kemang, Jakarta (16/9), mulai pukul 19.30 WIB.

Pentas opera dengan judul “Elegancy in Heart and Live Happily Ever After” yang diambil dari puisi dalam The Book of Songs, sebuah antologi puisi tertulis tertua di Tiongkok. Opera ini juga berkolaborasi dengan para penari Indonesia dan dinilai sangat istimewa karena dilengkapi dengan tata panggung yang mengagumkan dan penuh dengan warna, serta pencahayaan menarik. Penampilannya juga disertai nada-nada harmonis dan tari-tarian opera yang indah.

Pertunjukan ini telah menjadi momen bersejarah untuk menjembatani kebudayaan Indonesia dan Tiongkok, sebab acara tersebut memadukan legenda asli Tiongkok dengan kebudayaan Indonesia. Dalam acara ini, Chu Lanlan berhasil menyatukan penampilan bertajuk “A Beauty With an Umbrella” dengan lagu tradisional Batak “Sing Sing So”.

Pertunjukan ‘The I Beijing Opera’ karya Chu Lanlan memiliki reputasi internasional. Chu Lanlan menjabat Profesor di Beijing Opera Art Vocational Collage dan Head of the Lanxin Theater, New Beijing Opera. Karyanya meraih beberapa penghargaan di dalam dan luar negeri, serta mendapat kehormatan untuk tampil di beragam ajang politik.

Penampilan kelas dunia ini menandai persahabatan dan sikap saling menghormati antara Indonesia dan Tiongkok, serta menunjukkan keinginan kedua negara untuk terus bekerja sama di masa mendatang.

Tiongkok mempersembahkan ketulusannya dalam pengembangan program One Belt One Road di Indonesia. Selain itu, Tiongkok juga menggerakkan pembangunan industri di kawasan Bekapur (Bekasi, Karawang, Purwakarta). Dalam rangka memperkuat kerja sama kedua negara, Meikarta terus bertekad menjalin kerja sama, khususnya dalam bidang kebudayaan antara kedua negara.

General Manager, Brand Strategy, Meikarta, Guan Zhijian berkata: “Kami berharap, lewat pertunjukan ‘The I Beijing Opera’ karya Chu Lanlan, kita akan menjalin hubungan yang baik dan berkelanjutan antara Indonesia dan Tiongkok. Pertunjukan ini juga mewakili ketulusan dan komitmen Meikarta demi membangun Indonesia (yang lebih baik).”

Chu Lanlan ikut berkomentar, “Kami secara khusus mempersiapkan penampilan istimewa dengan lagu asal Indonesia yang berjudul ‘Sing-Sing So’ lewat kerja sama antara tim Beijing Opera, dan menghasilkan karya indah antara kebudayaan Indonesia dan Tiongkok. Lebih lagi, kami juga mempertunjukkan beberapa penampilan khas Beijing Opera dan kerja sama dengan beberapa kolaborasi yang melibatkan kebudayaan khas Indonesia.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here