Melalui rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di istana kemarin, Selasa (25/2) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) memutuskan untuk memberikan insentif kepada pengguna transportasi udara ke sepuluh tujuan pariwisata, yaitu Batam, Denpasar, Jogja, Labuan Bajo, Lombok, Malang, Manado, Silangit, Tanjung Pandan dan Tanjung Pinang.

“Untuk penentuan sepuluh tujuan wisata ini tentu saja sudah dikoordinasikan di kalangan kementerian, artinya kita sudah berkoordinasi sangat baik dengan Kementerian Pariwisata dengan beberapa kali rapat dan diputuskan lah 10 destinasi ini,” kata Dirjen Hubud Novie Riyanto, dalam jumpa pers di Restoran Beautika, Jakarta, Selasa (25/2).

Novie menjelaskan insentif ini diberikan langsung kepada penumpang berupa diskon harga tiket, adapun persentasenya adalah, diskon 45 persen untuk kelas full service, 48 persen untuk kelas medium, dan 50 persen untuk kelas low cost carrier (lcc). Pemberian insentif ini berlaku selama tiga bulan ke depan dimulai dari bulan Maret.

Juru bicara (jubir) Menhub Adita Irawati menambahkan pemberian insentif ini untuk merangsang penerbangan khususnya di rute pariwisata domestik yang belakangan lesu akibat abah Virus Corona (COVID-19).

“Siang tadi di istana sudah dilaksanakan rapat terbatas khususnya terkait dengan efek yang ditimbulkan dari virus Corona terhadap sektor pariwisata dan kalau bicara pariwisata memang, sektor transportasi ini juga memiliki dukungan yang cukup besar dan pada rapat terbatas tersebut sudah disepakati insentif yang diberikan para wisatawan maupun domestik yang akan melakukan kegiatan pariwisata di Indonesia,” pungkasnya.

Facebook Comments