Sajian Unik Lobo Restaurant Dalam Peringati Kemerdekaan RI ke-72

Menjelang hari Kemerdekaan Indonesia ke-72, Lobo Restaurant yang merupakan salah satu restoran European fine dining di The Ritz Carlton Jakarta Mega Kuningan mengangkat tema “Merdeka Moments”. Tema yang akan berlangsung mulai dari tanggal 14 – 18 Agustus 2017 ini dipimpin langsung oleh Chef de Cuisine Jan Schwittalla dengan menghadirkan 5 set hidangan Indonesia.

Interior Lobo Restaurant yang bergaya Eropa modern

Hidangan itu terinspirasi oleh berbagai hidangan lokal yang ia temukan sejak tiba di Indonesia, semua ia tampilkan dengan gaya fine dining. Beberapa hidangan tersebut di antaranya Gado-gado, Gulai Ayam, Pepes Ikan, Rendang, dan salah satu makanan penutup yang tak kalah populer di Indonesia, Es Cendol (minuman yang berbahan dasar santan dan dicampur dengan gula aren, berisi jeli hijau berukuran kecil yang terbuat dari tepung beras, serta disajikan dengan es serut).

Semua hidangan yang disajikan oleh Chef Jan akan membuat kita terperangah. Bagaimana tidak? Dari segi visual saja, semua tampak berbeda. Gado-gado misalnya, semua sayuran dibentuk kotak tipis memanjang dan ditumpuk satu sama lain seperti labu, kacang panjang, toge dengan ditutup lapisan wortel di bagian atasnya. Uniknya lagi semua itu diberi tambahan telur yang dimasak dengan metode hisen hingga setengah matang. Semuanya disajikan dengan serundeng kelapa dan disiram saus kacang. Rasanya pun tetap seperti gado-gado yang sering kita jumpai.

Gado-gado

Rendang disini juga disajikan lain dari yang lain. Setelah diperhatikan ternyata rendang itu ditutupi irisan tipis buah kelapa dan ditaburi bubuk cabai sehingga menimbulkan gradasi merah putih sehingga membentuk bendera merah putih. Daging rendang pun bertekstur lembut dengan bumbu meresap hingga ke dalam. Semua itu dikerjakan dengan teknik sous vide yang berlangsung berjam-jam tanpa kehilangan cita rasa aslinya. Rendang ini pun tak lupa diselipkan daun singkong rebus sebagai pelengkap.

Rendang

Dan untuk es cendol yang merupakan salah satu menu dessert populer di Indonesia, Chef Jan menyajikannya dalam batok kelapa bagian dalam dan memberi aksen daun emas diatasnya. Sebagai topping, terdapat foam yang terbuat dari santan dan gula merah. Es Cendol ini juga dicampur dengan potongan buah nangka dan santan. Rasanya tetap gurih dan namun tidak terlalu manis.

Es Cendol

Menu-menu diatas disajikan eksklusif hanya untuk 5 hari saja. Dan Chef Jan memang merancang khusus menu ini untuk memanjakan para tamu dengan hidangan khas Indonesia dengan cara mewah hanya di Lobo Restaurant yang dimulai dari harga Rp 490.000,++ per orang.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here